MELIHAT DARI HATI ATAU DARI MATA


RENUNGAN
Kisah Rasul 11 : 23 – Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan.

MELIHAT DARI HATI ATAU DARI MATA
Barnabas adalah anggota jemaat Antiokhia yang berasal dari Siprus. Dia adalah orang yang ikut serta dalam mengkristenkan orang-orang Yunani pada saat itu. Dia seorang missioner yang berhati mulia.
Dia menjual seluruh ladang miliknya dan hasil penjualan tersebut diserahkannya ke hadapan kaki para Rasul. Dia melakukannya untuk membantu pelayanan yang masa itu jemaat di Yerusalem mengalami sedang mengalami kesulitan. Dari hatinya, ia berbuat yang orang lain tidak pikirkan.

Barnabas dimampukan melihat dari hati, bukan melihat dari mata. Kisah Barnabas sangat berbeda dengan kisah Ananias dan Safira (bisa disebut mereka melihat dari mata bukan dari hati). Ananias dibayangi oleh ketakutan tentang hari esok yang tidak dapat lagi dipenuhinya, sedangkan Barnabas memiliki hati yang teguh bahwa apa yang dibutuhkannya akan dipenuhi oleh Allah.

Satu hal pengajaran yang diberikan Barnabas dalam nasihatnya adalah hidup setia kepada Tuhan. Setia artinya tidak menjauh, baik dalam suka maupun dalam duka. Sepintas sangat mudah mengatakan setia kepada Tuhan, namun justru dalam pelaksanaannya tidak semudah demikian, terlebih ketika kehendak kita tidak dikabulkan Tuhan. Jika apa yang kita minta tidak diberikan, atau bahkan kita dipukul-Nya dengan keras, apakah kita masih mau untuk setia? Mari kita ingat, bahwa mengikut Allah bukanlah untuk menjalankan seluruh rencana dan program sesuai dengan hati kita, tetapi menjalankan semuanya sesuai dengan kehendak Allah itu sendiri. Oleh karena itu, sikap berserah kepada Allah dan setia kepadaNya adalah bentuk dari perwujudan iman. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s