BERIBADAH DENGAN BENAR


RENUNGAN
Yosua 24 : 14 – Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir dan beribadahlah kepada Tuhan.

BERIBADAH DENGAN BENAR
Bangsa Batak sebelum mengenal Kristus, mereka sudah memiliki agama, yaitu kepercayaan kepada dewa. Orang Batak sangat rajin menyembah Debata Mulajadi na Bolon dan memiliki banyak ritus untuk hal-hal tertentu, seperti mau menanam padi, penyucian kampung, perang, mandudu, mandungdang dan sebagainya.
Pada acara-acara penyembahan selalu disertai dengan berbagai bentuk persembahan seperti: babi, kerbau, nasi, beras, daun-daun tertentu dan sebagainya.

Bangsa Israel juga demikian, mereka rajin beribadah hanya saja, apakah mereka telah menyembah Tuhan yang benar? Sejarah mencatat bahwa bangsa Israel sering jatuh bangun soal penyembahan ini. Penghukuman dan pengampunan juga silih berganti. Artinya riwayat penyembahan kepada allah dan leluhur sangat kental bagi bangsa Israel. Missionaris Batak sangat keras melarang orang Batak untuk melakukan praktik hasipelebeguon, hal itu terlihat dari pemberlakuan Hukum Siasat Gereja, yang sangat kuat pada masa itu. Begitu juga dengan bangsa Israel, bukannya sedikit para nabi yang memperingatkan mereka. Oleh karena itu, firman Tuhan hari ini mengingatkan kembali agar kita tidak lagi melakukan praktik seperti itu. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s