BERANI KARENA IMAN


RENUNGAN
1 Samuel 14 : 6 – Berkatalah Yonatan kepada bujang pembawa senjatanya itu: “Mari kita menyeberang ke dekat pasukan pengawal orang-orang yang tidak bersunat ini. Mungkin TUHAN akan bertindak untuk kita, sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang”.

BERANI KARENA IMAN
Kata ‘berani’ menjadi sesuatu yang mahal. Kebanyak orang cenderung menjadi safety player maksudnya orang yang bermain aman, tidak mau ambil resiko dalam melakukan suatu kegiatan yang baik dan benar.
Namun tidak sedikit yang berani untuk berbuat yang baik dan benar. Ayat renungan hari ini mengajak kita untuk melihat bagaimana sebenarnya makna kata berani itu dalam pengertian Alkitab.

Kondisi bangsa Israel saat itu sungguh sangat menyesakkan, orang Palestina sudah menguasai hampir seluruh wilayah Israel, tentaranya banyak yang membelot ikut bergabung dengan tentara Palestina, dan yang tertinggal hanya 600 orang tentara dan 2 bilah pedang/lembing. Dan kalau dalam pertempuran normal orang Israel seharusnya sudah menyerah kepada orang Palestina. Namun Yonatan, anak Saul, dengan penuh keberanian maju menghadap tentara Palestina dengan ditemani satu orang pengawalnya yang bertugas membawa senjata. Keberanian Yonatan tidak muncul dengan tiba-tiba tetapi sudah mengalami proses yang panjang, karena Yonatan sudah memiliki iman yang kuat dan kedekatan dengan Tuhan. Atas pimpinan Tuhan, akhirnya Yonatan mampu mengalahkan tentara Palestina.

Saudara, iman yang dimiliki Yonatan menyemangati kita untuk meneladaninya. Pengalamannya tentu boleh terjadinya dalam kehidupan siapa saja pada masa sekarang. Percayalah kepada Tuhan dan lihatlah bahwa ” Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” (Mrk. 9:23b). Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s