ANAK-ANAK ALLAH DIBERI KUASA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-227 : 3, Jesus ngolu ni tondingku
Jangkon au baen siseanMu, na girgir tu podaMi.
Sai surdukkon ma tanganMu, asa tong hutiop i.

PEMBACAAN FIRMAN
Kel. 6:1-13 (Pagi)
Kis. 7:35-42 (Malam)

RENUNGAN
Yohanes 1 : 12 – Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

ANAK-ANAK ALLAH DIBERI KUASA
Allah adalah Alfa dan Omega. Artinya adalah Allah Tritunggal, yang awal dan yang akhir, sumber segala sesuatu (causa prima). Segala sesuatu tidak ada tanpa Dia. Alkitab satu-satunya kitab suci yang menjelaskan secara komprehensif bahwa pada mulanya adalah Firman (logos). Rasul Yohanes begitu sistimatis dan lugas mengungkapkan, bahwa tanpa Allah tidak ada sesuatu pun akan jadi. Firman (logos) menjelma menjadi manusia dan diam di antara manusia. Yohanes menjelaskan keunikan kedatangan Tuhan ke dunia untuk menebus manusia. Semua manusia sudah berdosa, akibat kejatuhan Adam dan Hawa. Manusia sudah berdosa dan hanya bisa selamat jika menerima terang yaitu Kristus.

Pada saat Tuhan datang ke dunia, bagaimana respon manusia? Rasul Yohanes berkata: “Setiap orang yang menerima-Nya diberikan kuasa supaya menjadi anak-anak Allah. Prinsip utama adalah menerima dan percaya. Tanpa itu tidak ada keselamatan. Semua orang sudah berdosa, dan upahnya adalah maut. Namun anugerah Tuhan diberikan secara cuma-cuma. Status menjadi anak Allah sesungguhnya adalah anugerah istimewa dan tidak ada bandingnya. Status menjadi anak Allah yang sangat mahal itu tidak bisa dibeli dan diberikan oleh kuasa atau harta dunia ini, sekalipun bagi orang yang sangat kaya dan berjasa sekalipun. Dosa hanya bisa diampuni oleh karya Kristus, sebagai anugerah (sola gracia). Untuk itu, respon yang tepat adalah mengakui dan menyesali dosa, menerima Kristus sebagai juru selamat pribadi, dan bersyukur melalui kualitas hidup yang suci. Hidup karena iman, itu berarti juga mempertaruhkan hidup bagi Kristus. Percaya pada Kristus berarti komit hidup sesuai Firman-Nya. Diperbaharui terus menerus agar karakternya sesuai dengan karakter Kristus. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-8:1, Bagi-Mu Tuhan nyanyianku
BagiMu Tuhan Nyanyianku, karna setara-Mu siapakah?
Hendak kupuji Kau selalu, padaku Roh Kudus berikanlah supaya dalam Kristus Putra-Mu, kidungku berkenan kepada-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-36 : 1, Pasupasu hami
Pasupasu hami, o Debatanami. Sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s