PUJILAH TUHAN SETIAP WAKTU


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-580 : 1, Ro do au Tuhan tu Ho
Ro do au Tuhan tu Ho, ro au lao mamuji Ho.
Ro do au lao mandapothon Ho, ro au lao mamuji Ho.

PEMBACAAN FIRMAN
Kis. 7:30-34 (Pagi)
Kel. 5:10-23 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 13 : 6 – Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

PUJILAH TUHAN SETIAP WAKTU
Orang bijak berkata, adalah manusiawi jika seseorang cenderung kehilangan semangat ketika didera penderitaan dan kesusahan, sementara tidak ada tanda-tanda adanya harapan atau pertolongan. Itulah yang digambarkan oleh Pemazmur, yang merasa muram dan kehilangan semangat; ketika dia sedang dalam kesulitan besar, namun dia merasa bahwa Allah begitu jauh dan tidak bersedia untuk memberikan pertolongan praktis. Perasaan ditinggalkan oleh Tuhan, ini boleh jadi kita rasakan pada saat sakit berkepanjangan, kebutuhan keuangan mendesak atau persoalan besar yang melibatkan keluarga, pekerjaan, atau gereja, dan lainnya. Namun kita diajak untuk memperhatikan hal penting, bahwa; 1) Pemazmur tidak henti-hentinya berseru kepada Allah 2) Pemazmur tidak melupakan pertolongan baik dari Tuhan yang telah diterimanya, dan 3) Pemazmur tetap berharap pada kasih setia-Nya. Itulah yang mendorongnya mampu bernyanyi dan hatinya beroleh sukacita dalam penantian jawaban Tuhan.

Sikap seperti itulah yang diajarkan kepada kita, untuk meng-amin i bahwa doa orang benar tidak selalu langsung dijawab Allah atau jawaban-Nya tidak selalu sesuai dengan keingin-an kita. Kita boleh belajar dari kehidupan Ayub dan pemazmur Daud. Jawaban terhadap apa yang tampak sebagai penundaan Allah ialah mengandalkan janji kasih-Nya yang tidak pernah terlambat dan akan tampak pada saat dan cara-Nya sendiri dan indah pada waktunya. Kita percaya bahwa Tuhan dapat memakai orang lain menolong kita sebagai alat-Nya dan jangan menutup diri bahwa kita sendiripun dapat dipakai-Nya untuk menolong orang lain. Berdoalah memohon penyertaan Roh Kudus untuk menguatkan imanmu. Pujilah Tuhan dan percayalah bahwa tidak ada satupun yang dapat memisahkanmu dari kasih Yesus, bahkan kematian. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-367 : 1, Pada-Mu Tuhan dan Allahku
Pada-Mu Tuhan dan Allahku, kupersembahkan hidupku.
Dari-Mu jiwa dan ragaku, hanya dalam-Mu ‘ku teduh.
Hatiku yang Engkau pulihkan pada-Mu juga kuberikan.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-36 : 1, Pasupasu hami
Pasupasu hami, o Debatanami. Sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s