JIKA ALLAH DI PIHAK KITA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin

BERNYANYI, BE-217 : 1, Jahowa do donganki
Jahowa do donganku tung ise alongki?
Tangiang ni rohangku padaohon musu i
Hasian ni Debata au Kristus ulungki.
Tung aha hatahata Ni panginsahi i?

PEMBACAAN FIRMAN
Luk. 14:34-35 (Pagi)
Ams. 5:1-23 (Malam)

RENUNGAN
Roma 8:31 – Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

JIKA ALLAH DI PIHAK KITA
Di Indonesia kita sering melihat kelompok masyarakat yang radikal. Mereka menjadi kelompok organisasi masyarakat yang memiliki kekuatan jauh melebihi ormas-ormas yang lain. Mereka semaunya saja, misalnya membersikan (sweeping) lapisan masyarakat, yang bagi mereka tidak bermoral sesuai dengan doktrinnya. Sikap mereka begitu arogan dan berani mati demi ajaran yang dianutnya. Yang menjadi pertanyaan adalah, siapakah oknum atau kelompok dibalik mereka sehingga mereka begitu berani untuk melakukan suatu tindakan sekalipun melawan hukum? Rupanya setelah diteliti ternyata ada kelompok penyandang dana mereka di luar negeri. Bahkan ada negara yang mem-back-up segala aktivitas mereka. Jadi ada pihak lain yang menyokong mereka. Gambaran seperti ini dapat membimbing kita untuk memahami nas hari ini.

Dalam nas ini, Paulus mengemukakan suatu pernyataan akan penyertaan Allah bagi orang-orang percaya. Ia mengatakan: “Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” Secara sederhana ayat ini mau mengatakan bahwa dalam menghadapi pencobaan dan pergumulan Allah berada di pihak orang-orang percaya. Hal ini telah nyata dalam kehidupan hamba-hamba Tuhan baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Misalnya ketika Simson, Daniel, Petrus dan sebagainya. Ayat ini sangat penting buat kita dalam menghadapi berbagai macam pencobaan. Jika Allah tidak berada di pihak saudara, maka walaupun semua orang tersenyum kepada saudara dan bersedia membantumu, maka saudara tidak akan berhasil dalam hidupmu. Sebaliknya, walaupun semua orang menentang saudara asalkan Allah berada di pihakmu, maka tidak ada yang bisa melawan saudara. Mazmur 23 : 4: “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” Percayalah kepada Tuhan. Hadapilah tantangan dan rintangan, jangat takut sebab Allah berada di pihak kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-340:1, Hai bangkit bagi Yesus
Hai bangkit bagi Yesus, pahlawan salib-Nya!
Anjungkan panji Raja dan jangan menyerah.
Dengan semakin jaya Tuhanmu ikutlah,
Sehingga tiap lawan berlutut menyembah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-36 : 1 Pasupasu hami
Pasupasu hami, o Debatanami. Sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s