KUASA-MU MELINDUNGI DAN MENYELAMATKAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-289 : 1, Pos ma ho Rohangku
Pos ma ho rohangku di Debata. Bonom ma arsakmu tu rohaNa da.
Unang lomos tiop ma gomos. Haporseaonmu unang ho bobos.
PaluaonNa Ho ma antong sian nasa jea di tano on.

PEMBACAAN FIRMAN
Yes. 33 : 10-16 (Pagi)
Yoh. 15 : 16-25 (Malam)

RENUNGAN
Matius 6 : 13 – Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

KUASA-MU MELINDUNGI DAN MENYELAMATKAN

Nas hari ini merupakan penggalan Doa Bapa Kami yang terakhir. Kata pencobaan diartikan menjadi: pertama, menguji atau mencoba ketahanan, kesetiaan serta kecakapannya untuk pekerjaan pelayanan. Seperti, Yesus yang sedang diuji oleh si Iblis saat berada di padang gurun. Pencobaan itu dimaksudkan agar kita semakin lebih kuat dan lebih baik. Kedua, pencobaan itu disebutkan datangnya dari yang orang yang mengasihi kita. Itu memang sebagai sebuah tugas yang harus dilakukan karena itu adalah pekerjaan yang benar dan harus dikerjakan. Ketiga, kadang ada pencobaan yang datang dari diri sendiri.

Dalam hal ini, ada beberapa titik lemah karena setiap orang kekuatan dan kelemahan setiap orang berbeda. Oleh karena itu, ungkapan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Intinya adalah penyertaan Tuhan. Bagaimana kita disertai dan dikuatkan untuk menjalankan dan menghadapi pencobaan.

Doa Bapa Kami ini merupakan bangunan struktur doa yang tepat untuk kita tiru untuk dilakukan. Meskipun demikian, setiap orang hendaknya mau berdoa dan terus belajar bagaimana berdoa dengan baik dan benar. Doa itu adalah nafas kehidupan yang memberikan makanan rohani kepada jiwa kita. Doa-doa yang kita naikkan disertai dengan iman percaya. Oleh karena itu, setiap doa yang kita naikkan secara pribadi menjadi sebagai refleksi iman dan sekaligus menguatkan iman percaya kita. Amin.

BERDOA
BERNYANYI, KJ-436:1 Lawanlah Godaan
Lawanlah godaan, s’lalu bertekun, tiap kemenangan kau tambah teguh. Nafsu kejahatan harus kau tentang harap akan Yeus, pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan agar kau dikuatkan. Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s