JANGAN TAKUT, PERCAYA SAJA


RENUNGAN
Markus 5 : 36 – Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: Jangan takut, percaya saja.

JANGAN TAKUT, PERCAYA SAJA.

Bila terjadi suatu peristiwa maka bisa muncul berbagai tanggapan atau penafsiran terhadap peristiwa tersebut, tergantung dari sisi mana seseorang itu melihatnya. Misalnya, seseorang meninggal mendadak. Bisa saja ada yang menafsirkan, itu merupakan hukuman Tuhan bagi dia karena selama ini hidupnya tidak pernah memperlihatkan rasa takut akan Tuhan.

Ada juga yang mengatakan, memang sudah sewajarnya dia mati seperti itu karena dia memang hidup ugal-ugalan. Tapi ada juga yang mengatakan, ya sudahlah hidup ini kan tidak bisa diprediksi, hidup ini tidak bisa ditentukan oleh manusia, maka kita harus selalu siap-siap kapan saja kematian itu datang.

Sisi iman kristiani dapat kita lihat dari kisah di perikop ini. Ketika anak kepala rumah ibadah jatuh sakit maka dia mendatangi Yesus untuk memohon pertolongan-Nya agar anaknya itu disembuhkan. Tetapi sebelum Yesus berbuat datanglah informasi yang mengatakan bahwa percuma saja Yesus datang karena anak itu sudah meninggal. Tidak ada lagi gunanya, cuma buang-buang waktu saja, justru menyusahkan bagi Yesus, karena mengganggu pekerjaan-Nya, masih banyak orang yang membutuhkan pertolongan-Nya. Mereka mematahkan semangat pengharapan kepala rumah ibadat itu, mereka memadamkan api iman yang ada padanya, bukannya memberi topangan iman. Namun di sisi lain, Yesus justru mengabaikan perkataan orang-orang tersebut dan sebaliknya memberi topangan degan mengatakan: “Jangan takut percaya saja.” Dengan ungkapan tersebut tersirat suatu rahasia kehidupan Yesus yang mempunyai kuasa dan menghidupkan, Dia adalah Tuhan pemberi kehidupan. Percayalah Tuhan bersama-Mu. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s