Hati yang suci dapat melihat Allah


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE- 98: 3 Tuhan Debata
Suru ma tondiM singkat ni bohiM, tu bagasan rohanami manogihon tondinami lao tu surgo i, tu adopanMi

PEMBACAAN FIRMAN, Bil. 22:22-28

Matius 5:8
Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah

Hati yang suci dapat melihat Allah

Ada dua bagian tubuh yang sangat perlu diperhatikan dalam nas ini yaitu hati dan mata. keduanya sangat berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Hal yang paling penting di dalam kehidupan orang Kristen adalah bagaimana menjaga hati supaya suci dan bersih dalam kehidupan ini.

Tindakan, perbuatan dan tingkah laku yang diperlihatkan seseorang sangat erat hubungannya dengan suasana hati dan merupakan pancaran suasana hati kita. Apabila hati kita tentram, bersih dan damai pasti tindakan kita juga baik dan benar atau sebaliknya. Memang ada peribahasa yang mengatakan bahwa dalamnya laut dapat diukur tetapi dalam hati manusia siapa yang tahu? Jawabnya hanya Tuhan Allah yang tau isi hati manusia ciptaanNya. Manusia bisa saja berbohong dengan berpura-pura suci, baik hati, manis, sopan dann lain sebagainya, tetapi manusia tidak dapat membohongi Allah karena Tuhan Allah maha tahu semua isi hati manusia.

Dasar untuk melihat Allah Yang Kudus adalah hati yang suci. Orang yang berbahagia adalah orang yang selalu bergembira, bersyukur, mampu melihat dan merasakan pemeliharaan Tuhan dalam hidupnya serta mampu memotivasi dirinya untuk lebih baik dan lebih bersih. Mintalah pimpinan Roh Kudus untuk memampukan kita bergembira dalam setiap waktu, mensyukuri hidup kita, menjaga hati supaya bersih dan suci karena pimpinan Roh Kudus juga yang menuntun kita untuk dapat melihat kehadiran Allah dalam hidup kita. Dengan demikian, kita akan semakin merasakan kehadiran Allah dan merasakan berkat-berkatNya dalam kehidupan kita yang membuat kita bahagia. Kita adalah imago dei (segambar dengan Allah) yang wajah Allah ada pada diri setiap orang tapi setidaknya jika unsur-unsur ilahi, seperti kasih, sukacita, damai dan seterusnya dilakukan. Firman Tuhan mengatakan bahwa setiap apa yang kamu lakukan kepada orang yang hina ini, maka sesungguhnya kamu melakukannya itu kepada-Ku. Oleh karena itu, orang suci hatinya dapat melihat Allah karena dengan tulus menolong, empati, dan mengasihi setiap orang. Amin.

BERDOA

BERNYANYI: KJ-2:3, Suci, suci, suci
Suci, suci, suci! Walau tersembunyi, walau yang berdosa tak Nampak wajah-Mu.
Kau tetap Yang Suci, tiada terimbangi. Kau Mahakuasa, murni kasih-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI : BE No. 20:5 ‘Paian ma di hami’
On pe, O Tuhannami tumpahi HataMi. Masuk tu rohanami paian ma disi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s