Allah Pelindung dan Penolong yang benar


Mazmur 91:15
Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 463:1 PasupasuM TongosonMu
PasupasuM tongosonMu i do didok hataMi, suru tondiM na badia, bosur ma baen rohangki.
HagogoonMu songgop ma tu rohangkon. Unang sai holan manetek, gohi sandok diringkon.

PEMBACAAN FIRMAN : 1 Yohanes 5:1-12

ALLAH PELINDUNG DAN PENOLONG YANG BENAR

Dalam perjalanan hidup kita sebagai pengikut Kristus, tidak ada firman Tuhan yang menyatakan bahwa ketika kita mengikuti-Nya, maka hidup kita akan selalu aman dan nyaman. Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, manusia terpisah dari Allah mengakibatkan hidup tidak terlepas dari masalah: sakit-penyakit, keamanan, ketenangan, ketakutan dan-lain-lain.

Sejarah mencatat bahwa manusia selalu berusaha untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, terutama yang menyangkut ketenangan dan damai sejahtera, tetapi fakta mengatakan bahwa usaha manusia sendiri tidak pernah berhasil sepenuhnya. Dosa telah membuat manusia menjauh dan terpisah dari pencipta-Nya serta selalu berpusat pada masalahnya dan berusaha mengatasinya sendiri. Jika demikian, apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi masalah?

Nas hari ini dengan jelas mengajarkan kepada kita bahwa TUHAN tahu dan perduli atas masalah-masalah yang kita hadapi. Baiklah kita baca seluruh Mazmur 91 ini untuk mengetahui dan memahami dengan jelas bahwa Allah Yang Mahakuasa melindungi, melepaskan dan menguatkan setiap orang yang berlindung pada-Nya atas masalah-masalah yang dihadapinya. Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dalam menghadapi dan mengatasi masalah-masalah hidup, yaitu :

1. Kesadaran dan pengakuan bahwa kita tidak dapat melindungi diri dengan kekuatan sendiri menghadapi dan mengatasi masalah-masalah hidup.

2. Mengenal dan mengakui dengan sungguh-sungguh bahwa TUHANlah tempat perlindungan (Maz 91: 2, 9). Karena itu, baiklah hati kita sungguh-sungguh setia dan melekat pada-Nya.

3. Berserulah kepada Allah Pencipta, Dia akan menyertai dan meluputkan kita. Allahlah pelindung dan penolong atas masalah yang kita hadapi. Siapa yang menjadi penolong/pelindung ketika menghadapi masalah? Mari berseru: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercaya”. Amin!

BERDOA

BERNYANYI KJ. 454:3 INDAHNYA SAAT YANG TEDUH
Indahnya saat yang teduh penampung permohonanku kepada yang Mahabenar
yang bersedia mendengar. Sejak kulihat wajahNya, ‘ku yakin pada firmanNya
dan menyerahkan bimbangku di dalam saat yang teduh.

DOA BAPA KAMI
Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s