Banyak cara Tuhan


Ayub 33:13-14
Mengapa engkau berbantah dengan Dia, bahwa Dia tidak menjawab segala perkataanmu? Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 463:3 PasupasuM TongosonMu
Bereng ma sai hupaima, nunga rade rohangki, guru di Ho ma ngolungku, dohot au tinobusMi.
HagogoonMu songgop ma tu rohangkon. Unang sai holan manetek, gohi sandok diringkon.

PEMBACAAN FIRMAN : 1 Yohanes 5:6-21

BANYAK CARA TUHAN

Nas ini adalah penggalan kata-kata penghiburan teman Ayub yang bernama Elihu. Ayub ketika itu sedang ditimpa masalah berat yang ‘tak terpikirkan logika manusia. Mengapa? Ayub itu terkenal baik, saleh dan tidak melakukan kejahatan di mata Tuhan. Tapi kenyataan yang dialaminya, dia menderita, dia menghadapi pergumulan berat. Segala miliknya habis sudah. Bahkan tubuhnya pun nyaris busuk akibat penyakit kulit yang dideritanya.

Teman-teman Ayub menghibur, namun terkesan juga menghakimi Ayub. Kepada Ayub disangkakan menyimpan dosa tersembunyi. Namun Ayub kuat. Tapi sebagai manusia Ayub juga memiliki kelemahan dan keterbatasan kekuatan bertahan dan menghadapi masalah berat yang menimpanya. Dia pernah mengeluh atas penderitaan yang dialaminya. Dia menuntut Tuhan, bertanya kepada Tuhan. Namun berdasarkan kesaksian Alkitab, Ayub masih lebih menunjukkan sikap taatnya, sikap sabarnya dan ketekunannya bertahan dan berharap pada pertolongan Tuhan. Akhir dari penderitaan Ayub dia mendapatkan berlipat-lipat dari apa yang sebelumnya ia miliki.

Saudara-saudara, ketika kita mengalami penderitaan, beban berat, masalah yang tidak terpikirkan dan terpecahkan secara akal pikiran, Tuhan punya banyak cara melepaskan kita dari masalah yang kita hadapi. Karena Tuhan banyak cara, maka persoalan apapun bila sungguh-sungguh kita bawakan kepada Tuhan, pasti ada solusinya. Sering manusia memecahkan masalah hidupnya terganjal pikirannya saja. Sementara pikiran manusia terbatas. Di sinilah manusia gagal menghadapi persoalannya, karena mengira tidak ada jalan lain, tidak ada lagi solusi. Ya sudahlah, memang ini sudah nasibku harus begini dan begitu. Jangan lupa, banyak cara Tuhan menolong kita. Jalan dan rancangan Tuhan jauh melebihi jalan dan rancangan manusia. Jangan berhenti dan mengandalkan pikiran sendiri, tetapi berharaplah pada Tuhan. Amin!

BERDOA

BERNYANYI KJ. 438:3 APAPUN JUGA MENIMPAMU
DipeliharaNya hidupmu; Tuhan menjagamu dan didengarkanNya doamu; Tuhan menjagamu
Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang, Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

DOA BAPA KAMI
Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s