PENGHARAPAN


Jumat, 05 Februari 2021

01. Nyanyian BE No. 755 : 1 Haposan Ho Tuhan
Haposan Ho Tuhan, hot do holongMu, di las ni roha, tingki arsak pe. Asi ni rohaMi nang pambaenanMu, Ho Sipalua, pangondian pe. Haposan Ho Tuhan, haposan Ho Tuhan, ndang na mansohot asi ni rohaM. Nasa na ringkot di au diparade, tung alani asiM do i sude

02. Pembacaan Firman
▪ Pagi : Ayub 36 :1 – 21
▪ Malam : 1 Korintus 9: 1 – 14

03. Renungan : 1 Petrus 1: 6
Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan

Sebagai orang pendatang, saudara seiman di dalam Kristus yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadosia, Asia Kecil dan Bitinia (ayat 1) adalah juga sebagai orang-orang perantau. Tidak sedikit tantangan yang mereka hadapi, baik lingkungan dan juga dengan masalah kerohaniaannya. Artinya, iman mereka akan diuji. Barangkali, bisa kita contohkan seperti di negara kita ini, setiap saat kita diuji oleh kekuatan mayoritas terhadap kaum minoritas. Termasuk dalam hal ini: pengembangan gereja dan juga dalam masalah pekerjaan. Dalam hal ini kita sangat meyakini, bahwa Tuhan memberi kesempatan untuk mendewasakan iman di dalam setiap gelombang yang kita hadapi, sehingga membuat kita hidup dan bekerja untuk lebih baik. Jika Tuhan menguji iman orang percaya, bukan harus diartikan sebagai sebagai hukuman, tetapi adalah dalam rangka mendewasakan iman. Dengan ini, orang Kristen sebagai umat yang dipilih, sebaiknya dengan jujur dapat mengevaluasi diri. Apakah kita menyadari bahwa kita adalah umat yang dipanggil, dipilih, dikuduskan dan ditetapkan sebagai angota jemaat? Ketika gelombang dan pergumulan tiba dan diperhadapkan kepada kita, apakah kita mampu untuk menyelesaikannya? Kita harus ingat, iblis juga tidak jemu-jemu untuk mencobai kita. Oleh karenanya, mari saudaraku, agar selalu dan selalu berharap memohon kekuatan dan penyertaan Tuhan di dalam kehidupan kita. Ada kata bijak: “Jangan pinta laut tidak bergelombang, tetapi arungilah gelombang itu agar sampai ke tujuan”. Tuhan menyertai kita di setiap langkah kita. AMIN.

04. Berdoa.

05. Bernyanyi KJ. No. 445: 1 Harap akan Tuhan
Harap akan Tuhan, hai jiwaku! Dia perlindungan dalam susahmu. Jangan resah, tabah berserah, kar’na habis malam pagi merekah. Dalam derita dan kemelut Tuhan yang setia, Penolongmu!

06. Doa Bapa kami – Amin.

__Tuhan Memberkati, Syalom__

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s