PENYERTAAN TUHAN


Sabtu, 06 Februari 2021

01. Nyanyian KJ No. 15 : 3. Berhimpun Semua
Berdoa dan jaga supaya jangan penggoda merugikan jiwamu.
Di dunia tegaklah kemenangan dan dasarnya imanmu yang teguh.

02. Pembacaan Firman
▪ Pagi : Yesaya 46 : 1 – 13
▪ Malam : Mateus 12 : 9 – 14

03. Renungan : Yeremia 1 : 19
Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman Tuhan.

Saudara seiman di dalam Kristus, Allah telah memilih Yeremia ( bin Hilkia dari Anatot) menjadi seorang Nabi dari sejak kandungan ibunya ( ay. 5 ). Sejak usia belia dia dipanggil Tuhan untuk menjadi seorang pemimpin bangsa Israel. Namun dia merasa tidak mampu untuk memenuhi panggilan tersebut ( ay. 6 ) karena usianya yang masih muda sementara tantangan sangat berat. Masa tersebut bangsa Israel mengalami kemerosotan rohani, melawan Tuhan. Hal tersebut digambarkan Yeremia sebagai sebagai seorang isteri yang tidak setia pada suaminya. Sebagai anugerah, Allah berfirman:”mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai dan melepaskan engkau. Berdasarkan janji Tuhan tersebut Jeremia taat dan setia melakukan perintah Tuhan. Dalam 1 Timotius 4 : 12 dikatakan : “jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda.”

Dalam segala tantangan dan kesulitan, termasuk dalam masa Covid-19 saat ini, kita pun dengan segala kelemahan dan keterbatasan kita, juga dipanggil, dipilih, dan diutus Tuhan agar pergi memberitakan kabar baik yaitu Firman Tuhan di tengah-tengah keluarga dan bangsa, melalui keteladan hidup dan membagikan Firman Tuhan, agar setiap orang bertobat dan beriman kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat pribadinya. Dalam misi tersebut, hendaknya kita selalu pegang janji Tuhan, bahwa Dia menyertai kita; untuk itu mari kita buka mata, hati dan pikiran kita untuk merespon panggilan Tuhan tersebut. AMIN.

04. Berdoa.

05. Bernyanyi BE. No. 184 : 1 Nunga tung jumpang au ojahan
Nunga tung jumpang au ojahan ni tondingki na mago i. Mudar ni Jesus do manahan saleleng ni lelengna i. Nang mago pe portibion, tongtong do hot ojahan on.

06. Doa Bapa kami – Amin.

__Tuhan Memberkati, Syalom__

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s