Kita Adalah Anak Terang


Senin, 11 Januari 2021

01. Nyanyian BE No. 697 : 1 MOLO HO DO HUIHUTHON
Molo Ho do huihuthon dame sonang rohangki, sai horas jala martua nasa na hinophopMi, Ho tongtong ihuthononku, Jesus na palua au. Ho sambing do oloangku ala nii martua au.

02. Pembacaan Firman
▪ Pagi : Kejadian 17 : 1 – 13
▪ Malam : Roma 4 : 1 – 12

03. Renungan : Efesus 5 : 8
Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.

Berbicara tentang konteks, Surat Efesus adalah surat Pastoral yang disampaikan oleh Rasul Paulus kepada jemaat yang ada di Efesus; supaya tidak lagi kembali ke kehidupan lama. Rasul Paulus menerangkan di dalam suratnya tersebut bahwa mereka telah diberi label/gelar anak-anak terang. Bukan lagi anak-anak kegelapan. Mereka telah diterangi melalui firman Tuhan yang telah mereka terima. Supaya mereka tidak lagi kembali ke jalan kegelapan yang membawa jemaat Efesus ke dalam dosa dan maut. Inilah salah satu pesan/ajaran yang disampaikan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Efesus. Label anak-anak terang adalah pemberian istimewa yang diterima orang-orang percaya kepadaNya. Melalui label ini, kita telah ditebus Tuhan melalui anakNya Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita. Kita menjadi berhak sebagai ahli waris di dalam Kerajaan Sorga, sebab sebelumnya tidak berhak sama sekali. Tetapi karena melalui Tuhan Yesus Yang Kudus; kita dilayakkan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Melalui nats ini, kita dipanggil untuk merenungkan gelar yang amat tinggi. Kita telah menerima anugerah sebagai anak-anak terang. Biarlah gelar yang kita terima itu terlihat di dalam kehidupan kita. Mari, kita tunjukkan bahwa kita adalah anak-anak terang di dalam kehidupan kita sehari-sehari. Melalui perkataan kita, tindakan kita: nama Tuhan dimuliakan. Hal inilah yang menjadikan kita layak disebut anak-anak terang. Amin

04. Berdoa. 05. Bernyanyi KJ. No. 9 : 1 PUJI HAI JIWAKU, PUJI TUHAN
Puji hai jiwaku puji Tuhan selagi ada nafasmu, Allahku patutlah ku agungkan sepanjang umur hidupku, Hayatku Dia yang beri, Dia kupujitak henti, Haleluya, Haleluya.

06. Doa Bapa kami – Amin.

___Tuhan Memberkati, Syalom___

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s