“KEBENARAN” YANG BENAR-BENAR “BENAR”


01. Nyanyian KJ 64:1

Bila Kulihat Bintang Gemerlapan Bila kulihat bintang gemerlapan dan bunyi guruh riuh kudengar, ya Tuhanku, tak putus aku heran melihat ciptaanMu yang besar. Maka jiwaku pun memujiMu: “Sungguh besar Kau, Allahku!” Maka jiwaku pun memujiMu: “Sungguh besar Kau, Allahku!”

02. Pembacaan Firman
Pagi : Kejadian 12:1-3.
Malam : Kisah Para Rasul 6:8-15.

03. Renungan : Kisah Para Rasul 20:28.
Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.”

Dalam masa gereja mula-mula, orang Kristen diancam ajaran sesat. Tatkala iman Kristen mengakui Yesuslah Tuhan dan Juruselamat satu-satunya, keselamatan adalah anugerah Allah (sola gracia) yang diperoleh hanya melalui iman (sola fide). Sementara, ajaran sesat mengajarkan keselamat adalah hasil perbuatan manusia, dan sebagian lagi mengatakan tidak ada hidup setelah hidup di dunia, maka bersenang-senanglah dan puaskan hidupmu di dunia ini. Ajaran yang melawan Alkitab itulah yang ditentang Rasul Paulus. Para penyesat mengatakan ajaran kami yang benar, sementara orang Kristen mengatakan ajaran kami yang benar. Semua mengaku benar. Lantas manakah kebenaran yang benar-benar benar?. Dalam hal inilah Paulus menguatkan iman orang Kristen agar pemimpin umat menjaga dirinya dan menjaga umat agar menggembalakan mereka dengan Firman Tuhan sebagai “kebenaran” yang benar-benar “benar”, sehingga mereka tidak tersesat oleh ajaran palsu. Setiap orang yang tidak berpusat dan mengandalkan Allah Tritunggal, sesungguhnya sudah tersesat. Siapa saja yang kompromi dengan free sex, teologia liberal, saksi Jahowa, Mormon, “gila” internet/gaget, gay dan lesbian serta trans-gender, parmalim, perdukunan, rasionalisme, sinkritisme, dan segala praktek yang melawan Alkitab adalah ajaran sesat dan kekejian bagi TUHAN. Marilah kita tetap tekun berdoa dan berpegang pada Firman Tuhan dan menghidupinya setiap hari, Firman Tuhan adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku (Mzm 119:105). Selanjutnya kata Yesus : “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” ( Yoh 14:6). Itulah “kebenaran” yang benar-benar “ benar”. Marilah kita menghidupi Firman Tuhan karena itulah “kebenaran” yang benar-benar “benar” karena berasal dari TuhanYesus yang adalah kebenaran itu sendiri. Amin. (St. Partogian Sormin)

04. Berdoa

05. Bernyanyi BE. No. 826:1.

Gohi au Tuhan marhite hataMi Gohi au Tuhan marhite hataMi.
Gohi au Tuhan marhite hataMi Songon hudon na rumar do au Tuhan di sumurMi. Gohi au Tuhan marhite hataMi.

06. Doa Bapa kami – Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s