Doa Memohon Belas Kasihan


BERNYANYI BE. 698:1. Sai ihuthononku Jesus
Sai ihuthononku Jesus, sai ihuthonon ku Jesus, salelenglelengna i. Nang godang haporsuhon sai benget do au manaon. Sai ihuthononku Jesus, salelenglelengna i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Mazmur 37:1-7
Malam: Lukas 23:55-56

RENUNGAN
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau.”
Keluaran 33:17

Doa Memohon Belas Kasihan
Keluaran 33 adalah salah satu bagian dari kisah perjalanan bangsa Israel saat di tengah gurun pasir. Musa memimpin bangsa Israel bukanlah hal yang mudah karena besar dan bangsa itu mudah memberontak. Di tengah perjalanan dari Mesir ke tanah Perjanjian, umat Israel sempat membuat dosa besar dengan membuat patung anak lembu emas untuk disembah. Hal ini membuat Musa merasa gagal menunaikan tugas dari Allah. Ia semakin merasa tidak sanggup menanggung beratnya beban di pundaknya. Ketika Allah memintanya memimpin bangsa Israel melanjutkan perjalanan, ia memohon kasih karunia–Nya. Musa mengatakan hanya mau berangkat apabila Tuhan sendiri menyertai mereka. Allah mengetahui kegelisahan hati Musa. Diapun berfirman bahwa Dia sendiri yang akan membimbing Musa.

Seperti Musa, dalam kehidupan kita dapat merasa begitu tidak berdaya menghadapi tantangan dan cobaan. Sehingga diingatkan begitu pentingnya tuntunan Tuhan dalam kehidupan kita. Untuk itu kita harus rela mengikuti-Nya, harus setia. Meski hidup bersama Tuhan cobaan akan terus datang silih berganti, namun kita harus percaya Tuhan akan membimbing kita menuju masa depan yang lebih cerah seperti tertulis dalam Yeremia 29:11  “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan  apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera  dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan  yang penuh harapan.

Untuk benar-benar mengalami penggenapan janji Tuhan, kita harus berjuang dan bekerja keras tidak ada yang gratis, kita harus melembutkan hati kita yang keras, sesulit apapun pencobaan yang kita hadapi, kita harus tetap setia dan percaya kepada-Nya, janganlah bersandar kepada logika dan pengertian kita sendiri, Kita harus yakin bahwa Tuhan akan mengenapi janji-Nya. Amin.

BERDOA

Bernyanyi – Kj-370:1 “Ku Mau Berjalan Dengan Jurus’lamatku”
‘Kumau berjalan dengan Jurus’lamatku di lembah berbunga dan berair sejuk. Ya kemana juga aku mau mengikut-Nya. Sampai aku tiba di neg’ri baka. Ikut, ikut, ikut Tuhan Yesus; ku tetap mendengar dan mengikut-Nya. Ikut, ikut, ikut Tuhan Yesus, ya kemana juga ‘ku mengikut-Nya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s