Yesus Jalan dan kebenaran


BERNYANYI BE. 815:1. Uli do Tingki na hohom
Uli do tingki na hohom di jolo ni habangsa ni Amangku na rade tongtong manjalo pangidoanki. Ai di na marsak rohangki sai diapuli tondingki. Malua sian jorgong i di tingki martangiang i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Ibrani 9:11-14
Malam: Matius 5:42-48

RENUNGAN
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yohanes 14:6

Yesus Jalan dan kebenaran
Sedikitnya ada tiga hal penting yang Yesus tekankan yaitu: jalan, kebenaran, dan kehidupan. Artinya bahwa Yesus satu-satunya jalan keselamatan, bukan seperti dogma agama lain dan pengetahuan dunia yang mengajarkan, keselamatan diperoleh karena usaha atau perbuatan baik manusia. Yesus berkata manusia diselamatkan bukan karena perbuatan baik, usaha, atau amal tetapi, karena anugerah Allah (sola gracia), karena beriman kepada Yesus Kristus (Sola Cristo), karena mempercayai firman Allah (sola Scriptura). Barangsiapa yang percaya kepada Yesus pasti meneladani-Nya.

Menurut Epikurus jalan keselamatan adalah dengan menikmati hidup sebebas-bebasnya. Stoa jalan keselamatan dengan jalan penderitaan, menyiksa diri, bertarak atau askese. Manusia modern menyatakan bahwa hidup harus masuk akal, dapat dipahami, padahal jalan Allah tidak terselidiki dan terselami (Yes 55:8 Maz 139:17). Yesus telah menggugurkan konsep keselamatan yang diajarkan agama dan manusia bijak seperti Stoa, Epikurus, Sidarta Gautama dan lain-lain. Setelah manusia jatuh dalam dosa, manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya, maka Allah mengutus Anak-Nya Yesus Kristus, dari surga turun ke bumi. Karena itu bergantunglah sepenuhnya kepada Allah saja. Allah telah menjamin bahwa hanya melalui Dialah manusia diselamatkan. Setelah manusia jatuh dalam dosa jalan keselamatan sudah ditutup, artinya manusia tidak dapat lagi hidup seperti semula di Taman Eden. Maka Allah mengutus Anak-Nya Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia. Karena itu serahkanlah hidupmu secara total kepada-Nya, percayalah bahwa hanya Yesus Kristuslah jalan kehidupan dan kebenaran agar Dia yang berkuasa dalam hidupmu. Periksalah dirimu apakah kamu sudah berjalan seturut jalan Tuhan? Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-402:1 “Kuperlukan Jurus’lamat”
Kuperlukan Juru s’lamat, agar jangan ku sesat
S’lalu harus kurasakan, bahwa Tuhanku dekat.
Maka jiwaku tenang, takkan takut dan enggan;
bila Tuhanku membimbing, ku di malam pun tent’ram

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s