Bersukaria dan Bersorak-sorai di dalam Tuhan


BERNYANYI BE. 435:1. Marolopolop Tondingki
Marolopolop tondingki ai naung di tobus Jesus i. Hamu sude, bege ma i, sai las ro hangku mandok i. Sonang ni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki! Tondi na mangajari au, tarbaen marlasniroha au! Sonang ni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Kisah Para Rasul 11:19-26
Malam: Yesaya 26:13-21

RENUNGAN
Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku
Yesaya 61:10a

Bersukaria dan Bersorak-sorai di dalam Tuhan
Bersukaria dan bersorak-sorai adalah gambaran hati yang gembira dan bersyukur. Orang yang mempunyai hati yang gembira pasti ada sukaria dan orang yang bersukaria pasti mempunyai semangat hidup.” Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang” (Amsal 17:22). Untuk itu tak ada alasan bagi orang percaya untuk tidak bersukaria karena Allah adalah sumber sukacita.

Nas ini mengingatkan kita untuk bersukaria dan bersorak sorai di dalam Tuhan. Lantas bagaimana caranya agar kita selalu hidup bersukaria dan jiwa yang bersorak sorai di dalam Tuhan.

1. Mengingat Kebaikan-Nya. (Mazmur 143:5) Mengingat dan merenungkan kembali kebaikan Tuhan dan kebaikan orang yang pernah menolong kita dapat membantu kita mengatasi pikiran dan perasaan buruk, tetapi sebaliknya mengingat hal-hal yang buruk yang menimpa kita akan membuat kita sakit hati, kecewa, susah, sedih dan tertekan sehingga kita kehilangan sukacita. Untuk itu mari pikirkan hal-hal yang positif (Filipi 4:8).

2. Setia Kepada Tuhan. Ketika kita mengalami keadaan yang paling buruk tetaplah setia memuji dan menyembah Tuhan. Disaat kita memuji dan menyembah Tuhan dengan sungguh-sungguh maka hati kita akan merasa damai oleh karena sukacita yang dari Tuhan.

3. Meminta Pertolongan Tuhan (Maz. 143:7). Dalam menghadapi masalah jangan pernah mencari pertolongan manusia, paranormal, dukun karena hasilnya hanya kekecewaaan dan masalah menjadi makin berat. Yesus meminta kita untuk datang menghampiriNya, karena Yesus sanggup memberi kekuatan dan pertolongan kepada kita yang letih lesu dan berbeban berat. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-299:1 Bersyukur Kepada Tuhan
Bersyukur kepada Tuhan, bersyukur kepada Tuhan sebab Ia baik. Bersyukur kepada Tuhan.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s