Reminiscere Tuorum Domine


Seruan Passion Pertama:
“Reminiscere Tuorum Domine”

Saat ini kita memasuki Minggu Passion yang pertama. Pada minggu ini kita diajak untuk menyerukan kepada Allah “ingatlah segala rahmat dan kasih setiaMu” dalam bahasa Latin dikatakan: Reminiscere Tuarum Domine. Itu sebabnya minggu ini disebut dengan Minggu “Reminiscere”.
Pada tradisi beberapa gereja, minggu ini akan dibacakan penggalan cerita tentang perjalanan penderitaan Kristus sesuai dengan tema “reminiscere”. Salah satu peristiwa yang berkenaan dengan Minggu ini adalah dimana Kristus berjumpa dengan perempuan yang menaburkan kakiNya dengan minyak narwastu yang sangat mahal. Tetapi seorang muridnya mengecam perbuatan itu, katanya: “bukanlah lebih baik jika minyak itu dijual dan diberikan kepada orang miskin?” tetapi Yesus menjawab mereka: “orang ini mengingatkan Aku akan hari kematianKu”. Dengan mengingat pengorbanan Kristus, kita mengingat kembali bagaimana janji Allah telah digenapi.

Reminiscere memiliki arti “ingatlah”. Mengingat tentu kita akan menggunakan pikiran (kepala). Dengan mengingat janji-janji Allah, kita diajarkan agar seluruh hidup kita dimulai dari kepala dipenuhi akan Firman Allah. Pikiran adalah pusat kendali manusia. Pikiran (otak) adalah pusat system yang mengatur seluruh pergerakan, seluruh saraf manusia akan terhubung kepada otak. Maka dengan dipenuhinya Firman Allah di dalam pikiran, seluruh perasaan dan pergerakan kita lahir dari Firman yang hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s