Bersukacita dalam Penderitaan-Nya


BERNYANYI BE. 227:3 Jesus Ngolu ni Tondingku
Jangkon au baen siseanMu, Na girgir tu podaMi. Sai surdukkon ma tanganMu, Asa tong hutiop i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Kisah Para Rasul 13:46-52
Malam: Yesaya 18:1-7

RENUNGAN
Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.
1 Petrus 4:13

Bersukacita dalam Penderitaan-Nya
Mengapa penderitaan tidak membuat orang berbahagia apalagi bersukacita? Jawabnya adalah karena penderitaan itu diyakini sebagai hukuman; tidak ada pengharapan tetapi merupakan nasib atau takdir belaka. Penyebab penderitaan bisa karena miskin, sakit, kegagalan, musibah kecelakaan atau karena merasa tidak ada yang bisa dibanggakan. Nasib atau takdir, seringkali dijadikan kata penutup untuk menghibur diri. Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa ada sukacita di dalam penderitaan, yakni jika penderitaan kita ada di dalam penderitaan Kristus. Mengapa? Karena penderitaan kita dalam Yesus Kristus memiliki pengharapan yang kuat dan pasti.

Sebagai orang Kristen atau pengikut Kristus kita selalu hidup berpegang pada nilai-nilai yang ada dalam Firman-Nya. Dalam realitas hidup sehari-hari, nilai kristiani itu akan membawa dan menjadikan kita berbeda. Prinsipnya walau terjadi penderitaan, kita tidak menganggap itu sebagai sesuatu kejadian luar biasa yang bisa menyiksa. Tetapi, semua itu harus dihadapi dan dijalani, ibarat para pelajar yang sedang menghadapi ujian yang akan membawanya naik kelas. Inilah yang dimaksud bersukacita dalam penderitaan-Nya, yakni jika kita lulus menghadapi ujian maka kita naik kelas dan bisa bersukacita. Lebih dari itu, kita juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Yesus Kristus Raja menyatakan kemuliaan-Nya kepada kita. Tuhan memberkati. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-356:2 Tinggallah Dalam Yesus
Kita sebagai ranting pasti berbuahlah, asal dengan setia tinggal di dalam-Nya. Tinggallah dalam Yesus, muliakan nama-Nya: hidup berlimpah kurnia hanya di dalam-Nya!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s