Kuasa Tuhan


BERNYANYI BE 574:2 Puji ma Debata
Olophon, olophon Tuhan i, hatindanghon denggan basaNa i. Sai arahon donganmi, ro tu Sipalua i. Olophon, olophon Tuhan i, hatindanghon ma denggan basaNa i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Amsal 18:1-10
Malam: Ibrani 6:9-12

RENUNGAN
Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya;
Lukas 1:51

Kuasa Tuhan
Teks ini merupakan nyanyian pujian Maria saat dia sedang mengandung Bayi Kudus. Dia memuji kebesaran kuasa Tuhan Allah karena dia melihat apa yang telah diperbuat Tuhan Allah kepada dirinya. Sejak Maria mengatakan: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu” kepada malaikat, maka dia melihat perkara-perkara besar dalam dirinya. Hidup Maria menjadi teladan bagi kita untuk percaya kepada Tuhan Allah bahwa kuasa Tuhan besar. Bagaimana kita berkata ya kepada Tuhan Allah, taat dan setia kepada-Nya. Kuasa Tuhan tidak hanya melakukan perbuatan baik tapi juga melawan setiap perbuatan yang jahat. Tuhan tidak mau kompromi terhadap kuasa Iblis yang mau menguasai dunia ini dan segala isinya agar tunduk menyembah kepadanya. Bukti kesungguhan dan cinta kasih Tuhan kepada kita semua adalah dengan lahirnya Yesus ke dalam dunia. Dia akan menggenapi janji Tuhan untuk menaklukkan kuasa si Iblis dan menyelamatkan umat manusia dan dunia ini. Kini, kita semua sebagai anak-anak Tuhan, yang menjadi milik Tuhan, diberi kuasa untuk menyatakan kebesaran-Nya lewat melakukan perbuatan-perbuatan sesuai kehendak Tuhan Allah dan menceraiberaikan perbuatan jahat. Isi dari berkat yang disampaikan oleh pendeta saat seseorang menerima peneguhan sidi adalah: “Terimalah berkat Tuhan, Allah Bapa kita dan Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus. Dialah yang menyertai saudara untuk melawan segala yang jahat dan menguatkan saudara untuk melakukan segala yang baik.” Maka melalui diri kita yang percaya kepada Yesus Kristus, kita boleh nyatakan kuasa Tuhan dalam hidup kita dengan melakukan yang baik dan melawan yang jahat. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ No. 413:2 Tuhan Pimpin Anakmu
Hanya Dikau sajalah perlindungan yang teguh. Biar hidup menekan, Kau harapanku penuh. Tuhan, pimpin! Arus hidup menderas; agar jangan ’ku sesat, pegang tanganku erat.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s