Cari Dahulu Kerajaan Allah


BERNYANYI BE 789:1 Lului Hamu Harajaon Ni Debata
Lului hamu harajaon ni Debata rap dohot hatigoranNa. TambahononNa ma ondeng tu hamu, Haleluya, Haleluya. (Haleluya) 5x

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: 2 Timotius 2:11-14
Malam: Yehezkiel 39:25-29

RENUNGAN
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Matius 6:33

Cari Dahulu Kerajaan Allah
Nas ini sudah tidak asing lagi buat kita. Sebelum nas ini banyak berbicara tentang kehidupan duniawi seperti: hal mengumpulkan harta (19-24) dan kekuatiran (25-34). Ini merupakan gambaran konteks kehidupan pada waktu itu dan itu juga dapat kita temukan pada saat ini. Banyak orang cemas atas masa depan, kuatir atas biaya hidup, biaya uang sekolah anak-anak, kekuatiran terhadap berbagai perilaku menyimpang dan sebagainya.
Apakah “Kerajaan Allah” itu? Kerajaan Allah berarti pemerintahan yang didirikan oleh Allah. Sifatnya kekal, kudus, dan mulia. Di mana para penghuninya bersukacita untuk melakukan kehendak Allah Bapa. Oleh karena itu, orang yang berusaha dan mengutamakan Kerajaan Allah dalam hidupnya maka dia sudah berada di jalan yang benar dan tahu apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya. Namun, apakah ketika kita masih di bumi ini kita tidak boleh mengurusi hal duniawi? Apakah bertentangan dengan hal mencari kerajaan sorga? Pasti tidak. Tetapi sebagai orang Kristen, pekerjaan Allah menjadi prioritas seperti: hidup taat kepada-Nya, memberitakan Kerajaan Allah dan sebagainya.

Sebagai orang percaya, mencari Kerajaan Allah menjadi sebuah keharusan dan mereka yakin bahwa Tuhan akan mencukupkan, memelihara dan menuntun hidup kita di dalam dunia ini. Mencari berarti membutuhkan sebuah usaha tapi mencari di dalam Tuhan seperti seorang anak sekolah minggu yang sedang mencari telor Paskah. Tentu Guru Sekolah Minggunya tidak menaruh jauh-jauh, tempat yang sangat sulit ditemukan, posisinya pasti aman, dan di bawah kendali Guru Sekolah Minggu. Demikian halnya mencari di dalam Tuhan maka harapan, percaya, dan iman sangat penting. Kiranya nas ini menguatkan dan menuntun kita dalam menjalani tahun 2019 ini. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ No. 415:1 Gembala Baik Bersuling Nan Merdu
Gembala baik bersuling nan merdu membimbing aku pada air tenang, dan membaringkan aku berteduh di padang rumput hijau berkenan. O, Gembalaku itu Tuhanku, membuat aku tent’ram hening. Mengalir dalam sungai kasihku kuasa damai cerlang bening.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s