Tubuhmu Milik Tuhan


BERNYANYI BE 66:1 Debata Baen Donganmi
Debata baen donganmi. Lao mangula ulaonmu. Baen Ibana haposanmu. Sai paserep rohami. Debata baen dongami. Debata baen donganmi.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Mazmur 18:1-7
Malam: Efesus 4:17-24

RENUNGAN
Tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.
Roma 6:13b

Tubuhmu Milik Tuhan
Mengapa kita harus menyerahkan diri kita kepada Allah? Sebab orang-orang yang ada dalam Kristus, hidupnya seakan-akan telah bangkit dari antara orang mati. Kita telah mati dengan Kristus. Karena itu kita memandang kehidupan dari perspektif yang baru. Kita telah mengabdikan diri kita kepada Allah. Diri itu tentu saja mencakup setiap anggota atau bagian tubuh kita dan segala kegiatan yang kita lakukan. Semua bagian dari kepribadian manusia bisa aktif mengabdi kepada kelaliman atau aktif mengabdi kepada kebenaran. Mengapdi kepada siapakah anggota-anggota tubuh kita?

Apa yang di katakan dalam Pasal 6:12 adalah mengenai keberadaan kita sebagai manusia yang utuh, sedangkan apa yang di katakan dalam ayat ini adalah mengenai bagian-bagian tubuh kita. Anggota-anggota tubuh diperalat sebagai senjata oleh kerusakan sifat kita, yang dengannya keinginan-keinginan daging dipenuhi. Tetapi kita tidak boleh membiarkan penyalahgunaan itu. Anggota-anggota tubuh kita dijadikan secara dahsyat dan ajaib. Jadi sayang bila dipakai sebagai senjata Iblis untuk melakukan ketidakbenaran yang menuntun kepada dosa, sebagai senjata untuk perbuatan-perbuatan dosa, untuk menuruti kecenderungan-kecenderungan hati yang penuh dosa. Ketidakbenaran menuntun kepada dosa. Perbuatan-perbuatan dosa meneguhkan dan menguatkan kebiasaan-kebiasaan dosa. Satu dosa melahirkan dosa lain, seperti membuka keran air. Oleh karena itu, segera tinggalkanlah dosa, jangan sampai kita berurusan dengannya. Anggota-anggota tubuh bisa saja, bila sudah dikuasai oleh godaan, dipaksa menjadi senjata dosa. Tetapi janganlah menyerahkannya untuk dijadikan seperti itu, janganlah menyetujuinya. Mematikan dosa merupakan satu bagian dari pengudusan. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ No. 436:1 Lawanlah Godaan
Lawanlah godaan, s’lalu bertekun; tiap kemenangan kau tambah teguh; nafsu kejahatan harus kautentang, harap akan Yesus: pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan; Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s