Karunia Dan Pemeliharaan Tuhan


BERNYANYI BE 211:1 Tuhan Jesus Siparmahan
Tuhan Jesus Siparmahan, au birubiruNa do. Jesus gok di Ho rohangku, sai ihuthononhu Ho. Sai ihuthononhu Ho, sai ihuthononhu Ho. Jesus gok di Ho rohangku, sai ihuthononhu Ho.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Ibrani 6:13-20
Malam: 1 Korintus 2:1-5

RENUNGAN
Hidup dan kasih setia Kaukaruniakan kepadaku, dan pemeliharaan-Mu menjaga nyawaku.
Ayub 10:12

Karunia Dan Pemeliharaan Tuhan
Siapapun, baik mereka yang percaya maupun yang tidak percaya kepada Tuhan, bahkan orang jahat sekalipun masih mendapat kesempatan untuk menikmati karunia dan berkat Tuhan. Tuhan memberikan kehidupan, mengasihi dengan setia bahkan memelihara semua orang dan semua makhluk yang bernafas. Dalam konsep ekonomi ada yang disebut opportunity cost yang artinya suatu manfaat yang harus dikorbankan untuk mencapai sesuatu yang lain, contoh konkritnya, semua orang yang masuk ke mall akan menikmati udara yang sejuk, apakah orang itu akan beberbelanja atau tidak, dalam hal ini pihak mal yang harus mengeluarkan biaya. Sepertinya Ayub sedang menggunakan teori opportunity cost ini. Ia merasa bahwa karunia dan pemeliharaan Tuhan itu tidak layak dinikmati oleh orang yang tidak percaya kepada Tuhan. Ayub bahkan geram ketika melihat bahwa banyak orang yang melawan dan menghina Tuhan, juga menikmati karunia dan pemeliharaan Tuhan. Nyatanya, karunia dan pemerihaan Tuhan tidak dibatasi dengan teori opportunity cost. Tuhan tidak tunduk oleh penilaian manusia termasuk Ayub, untuk memutuskan siapa yang boleh dan siapa yang tidak boleh menikmati karunia dan pemeliharaanNya.

Lalu apa gunanya kita capek-capek menjadi orang percaya, kalau nyatanya memperoleh karunia dan pemeliharaan yang sama dari Tuhan. Yakinlah Tuhan memberikan karunia dan jaminan kehidupan bagi orang yang percaya kepada-Nya. Bukan hanya kehidupan di dunia ini tetapi kelak kehidupan kekal di Sorga. Bahwa di sekitar kita banyak orang yang tidak percaya, Tuhan ingin kita tetap mendoakan mereka. Bahkan kepada orang-orang yang membenci Tuhan atau yang membenci kita karena kita percaya kepada Tuhan kita, kita harus tetap mendoakan mereka. Adalah hak dan cara Tuhan sendiri untuk memberikan pertobatan ataupun hukuman, sebagaimana tertulis di dalam Roma 12:19. Saudara, janganlah kamu menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.

BERDOA

BERNYANYI KJ No. 410:1 Tenanglah Kini Hatiku
Tenanglah kini hatiku: Tuhan memimpin langkahku. Di tiap saat dan kerja tetap kurasa tangan-Nya. Tuhanlah yang membimbingku; tanganku dipegang teguh. Hatiku berserah penuh tanganku dipegang teguh.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s