Allah Juruselamat Manusia


BERNYANYI BE-426: 2 Tutu Na Mate Jesus i
Tutu na mate Jesus i siala dosangki? Na lao pasaehon utangki dibahen holongNa i? songon i tutu songon i tutu. Umbahen na mate Jesus i siala dosami.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Yeremia 30:7-13
Malam: Yohanes 11:20-27

RENUNGAN
Sesungguhnya, hanya pada TUHAN, Allah kita, ada keselamatan Israel!
Yeremia 3:23b

Allah Juruselamat Manusia
Ada lima sola yaitu; Sola scriptura, keselamatan hanya diperoleh melalui firman Allah atau Alkitab (Rom 10:17; 2 Tim 3:16; Maz 119:105). Sola fide keselamatan hanya diperoleh dalam iman kepada Allah (Gal 2:16). Sola Gracia Keselamatan diperoleh hanya karena anugerah Allah (Epesus 2:8-9). Sola Cristo, keselamatan diperoleh hanya dalam Yesus Kristus (Yoh 14:6). Soli Deo Gloria, kemuliaan hanya milik Allah (Maz 115:1). Keselamatan adalah kebutuhan mutlak bagi setiap umat manusia, masalahnya masih banyak manusia yang kurang memahami makna dan jalan keselamatan tersebut. Karena masih ada yang berkata “Banyak jalan menuju Roma”, artinya banyak jalan menuju keselamatan. Pertanyaannya benarkah demikian? Jawabnya tidak karena “Keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan “(Kisah 4:12). Artinya jalan untuk memperoleh keselamatan hanya ada satu saja yaitu melalui Yesus Kristus (Yohanes 14:6).

Keselamatan adalah karya Allah bukan usaha manusia untuk mengembalikan manusia pada desteni manusia semula sesuai dengan Kej 1:26. Manusia yang segambar dan serupa dengan Allah untuk mengelola ciptaan-Nya. Meskipun manusia jatuh dalam dosa kasih Allah abadi, kekal, tidak pernah berubah. Meskipun dosa telah merusak gambar Allah yang ada pada manusia, keselamatan yang Kristus lakukan dalam rangka mengembalikan hakekat manusia tersebut. Allah sendiri yang mengambil inisiatif untuk mendatangkan kebaikan bagi manusia; dan hanya karena kasih karunia-Nya manusia menjadi yang sulung di antara ciptaan-Nya (Rm 8:28-29; Ef 2:8-9). Karena itu percaya dan lakukanlah firman-Nya, berusahalah agar dari waktu ke waktu semakin serupa dengan Kristus. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-396: 3 Yesus Segala-galanya
Yesus segala-galanya, setia padaku; tak akan ‘ku menyangkal-Nya, teman setiaku. Bersama-Nya ‘ku tak sesat, ia menjagaku tetap: ia tetap kawan erat sobatku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s