Hidup Dipimpin Roh Allah


BERNYANYI BE-252: 1-2 Paian ma dihami
O Jesus Sai dongani ma hami sasude. Pasada rohanami, asa bulus sude. Ndang hadalanan hami salangka na ture, dung Ho pe dongannami tiur ma sasude.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Mazmur 55:15-23
Malam: Lukas 12:10-24

RENUNGAN
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
Roma 8:14

Hidup Dipimpin Roh Allah
Tentu semua orang ingin hidup merdeka, merdeka dari perbudakan, merdeka dari rasa takut, merdeka dari perbuatan dosa dan lain-lain. Namun, dapatkah manusia sungguh-sungguh merdeka? Ternyata manusia tidak akan pernah sungguh-sungguh merdeka dari dan oleh dirinya sendiri. Sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa, citra Allah yang ada dalam diri manusia menjadi rusak. Kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan, bertentangan dengan keinginan Tuhan. Meskipun Tuhan telah memberikan hukum Taurat dan firman-Nya, namun manusia yang sudah jatuh kedalam dosa selalu melanggarnya, Manusia tidak mampu menuruti dan melakukannya. Kuasa dosa itu begitu kuat, sehingga manusia tidak dapat melepaskan diri dengan kemampuannya sendiri.

Syukur kepada Allah, karena begitu besar kasih-Nya akan dunia ini (baca – manusia), Ia telah mengutus Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Hukuman yang seharusnya kepada manusia, telah ditimpakan kepada Kristus Yesus melalui penderitaan, pengorbanan dan kematian-Nya di kayu salib. Kebangkitan-Nya dari antara orang mati adalah bukti bahwa Tuhan telah mengalahkan kuasa dosa dan maut. Selanjutnya, Tuhan dalam kasih setia-Nya memberikan Roh Kudus untuk memimpin manusia yang percaya kepada pengorbanan Kristus Yesus untuk bertumbuh dalam pengenalan yang sempurna akan Allah. Roh Allah akan terus memimpin orang-orang percaya untuk hidup dalam damai sejahtera, merdeka dari hukum dosa dan maut. Pertanyaan: apakah kita mau dan rela dipimpin oleh Roh Allah? Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-57: 2 Yesus, Lihat Umat-Mu
Tanpa cah’ya Roh Kudus kami dalam kegelapan;
biar oleh sabda-Mu akal budi Kau cerahkan,
hingga Tuhan kuasai karya dan ucapan kami.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s