Doa Memohon Belas Kasihan


BERNYANYI BE. 369:1. O’ Jesus Panondang
Na marhahaanggi, hita sasude. Ndang mardia imbar manang ise pe. Asing be hatanta, nang luat ta pe. Sada do Amanta i taingot be.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Yeremia 31:7-14
Malam: Yohanes 1:10-18

RENUNGAN
Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami. Mazmur 90:14

Doa Memohon Belas Kasihan
Merill Douglas mengatakan perihal hidup: “Anda tidak bisa membelinya, menyewakannya, menyimpannya, membuatnya atau menabungnya. Anda hanya bisa menghabiskannya.” Pemazmur menyaksikan bahwa hidup manusia di dunia ini terasa singkat dan pendek, dibandingkan dengan sesudah kematian yang sifatnya kekal. Dalam doanya, Pemazmur memohon belas kasihan Allah supaya diberi pemahaman yang memadai tentang singkatnya hidup ini, supaya kita mempersembahkan hati yang bijaksana kepada Tuhan dalam memanfaatkan setiap hari yang diberikannya kepada kita.

Pemazmur menyadari bahwa keselamatan hanya ada pada Allah. Tuhanlah yang membuat keputusan dan keputusannya mutlak. Maka, Pemazmur memohon supaya murka Tuhan disingkirkan dari mereka dan kiranya Tuhan mau berbalik dengan bermurah hati dan berbelas kasih, sehingga mereka beroleh keselamatan yang menjadi suka cita dan penghiburan. Kita memang tidak layak untuk menerima pertolongan ilahi, tetapi kita tidak mampu melaksanakan apapun tanpa pertolongan-Nya.

Waktu adalah anugerah Tuhan kepada manusia. Kita hendaknya menerima dan mensyukuri setiap detik yang diberikan-Nya, sebagai suatu mujizat, yang tidak dapat diulangi. Ketika waktu kita di dunia ini sudah habis Tuhan akan menilai hidup kita. Pergunakanlah waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hidup yang kekal, janganlah kita menggunakan hidup yang singkat ini hanya untuk memperoleh kesenangan duniawi. Mohonlah belas kasihan Tuhan supaya diberi hati yang bijaksana sehingga setiap detik yang diberikan dapat kita nikmati sebagai anugerah dan tanda kesetiaan kepada kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-419:1 “Yesus Pimpinlah”
Yesus pimpinlah kami s’lamanya
Hanya di Kau kami ikut, di sepanjang jalan hidup
Tuntun umatMu, masuk rumah-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s