TUNTUTAN TUHAN PADAKU


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-201:1 Na Martungkot Sere Au
Na martungkot sere au di dalanhu tu na dao. Sian surgo i do ro, surgo i di tudu do. I ma haporseaonhu na pahothon pardalanhu na patogu langkangki sahat ro di surgo i.

PEMBACAAN FIRMAN
Gal. 3:13-14 (Pagi)
Why. 3:11-13 (Malam)

RENUNGAN
Mika 6:8
“Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?”

TUNTUTAN TUHAN PADAKU
Teks di atas merupakan perkataan Tuhan kepada bangsa Israel melalui Nabi Mika tentang pemberian persembahan bangsa Israel yang menganggap bahwa dengan korban persembahan tersebut maka Allah akan memaafkan dosa dan kesalahan mereka. Allah tegas menjawab bahwa yang dituntut Allah adalah perubahan sikap bangsa Israel untuk berlaku adil, setia melakukan kasih, dan bersikap rendah hati.

Apakah di saat ini tuntutan Allah itu bisa kita lakukan dengan mudah? Mari kita lihat tuntutan pertama, ADIL, secara makna artinya adalah tidak berpihak kecuali pada kebenaran. Sepertinya kita sudah terbiasa dalam melakukan sesuatu itu cenderung untuk menguntungkan diri sendiri, walaupun terkadang akan mengorbankan kepentingan orang lain bahkan terkadang yang kita lakukan itu tidak benar. Tuntutan kedua, Setia Berbuat KASIH, bermakna berbuat kebaikan dengan ikhlas tanpa berharap imbalan. Sangat sulit bagi kita untuk melakukan kasih, karena ketika seseorang berbuat kasih maka orang tersebut akan merugi karena apa yang dikeluarkan akan mengurangi apa yang dimilikinya. Tuntutan ketiga, Hidup RENDAH HATI, hal ini juga kemungkinan sulit dilaksanakan bagi orang-orang yang sudah memiliki banyak kelebihan terutama orang yang berkelebihan dalam harta, kuasa dan latar belakang pendidikan. Mereka akan cenderung tinggi hati atau sombong karena tidak mau ditandingi orang lain, sudah merasa yang paling hebat. Sekarang pilihan ada pada diri kita sendiri, Tuhan mau kita melakukan ketiganya secara bersamaan, tidak boleh dipisah-pisahkan. Dan kita harus berjuang dan bekerja keras serta terus berdoa supaya bisa memenuhi ketiga tuntutan Tuhan tersebut. Hanya dengan demikianlah kita berkenan di hadapan Allah dan siap menerima berkat dari Tuhan. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ- 57:1 Yesus Lihat Umat-Mu
Yesus lihat umat-Mu yang mendamba Kau berfirman. Dan arahkan pada-Mu hati dan seluruh ind’ra, hingga kami yang di dunia Kau dekatkan pada sorga.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s