KEHENDAK ALLAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-12:4 Dipuji Rohangkon Do Ho
Ai ho do na margogo i Sitompa sasude. Ho do na pangoluhon i, nang marmuduhon pe.

PEMBACAAN FIRMAN
Mat. 11:2-6 (Pagi)
Ams. 8:32-36 (Malam)

RENUNGAN
Yohanes 6:40
Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.

KEHENDAK ALLAH
Sungguh kita harus mensyukuri nas hari ini, pada saat kita baru melewati peringatan Natal dan hendak memasuki tahun yang baru. Kembali kita disapa untuk mengingatkan apa yang menjadi kehendak Allah Bapa. Apabila membaca kembali ayat 39 dan 40, kehendak Allah adalah: supaya kita tidak ada yang hilang, supaya dibangkitkan pada akhir zaman dan supaya kita beroleh hidup yang kekal. Tuhan ingin sebanyak-banyaknya manusia dapat diselamatkan. Tuhan Yesus turun dari surga dan datang ke dunia ini adalah untuk melakukan kehendak Allah Bapa (ay. 38). Dan kehendak Allah Bapa yang terpenting dan terutama adalah supaya setiap orang dapat diselamatkan.

Allah kita bukanlah Allah yang penuh murka yang ingin semua manusia binasa, melainkan juga penuh kasih di dalam Yesus Anak-Nya (Luk 19:10). Namun dibalik itu semua, ada suatu standar yang harus dipenuhi oleh manusia, yaitu Allah tidak mentolerir adanya dosa sekecil apapun. Artinya, Dia tidak menginnginkan kita jatuh lagi ke dalam dosa melainkan berusaha menjaga kekudusannya karena Allah adalah suci dan kudus.
Allah itu Kasih dan Adil. Karena kasihnya kita diselamatakan sebagaiman dibahas di atas. Akan tetapi Allah juga adil, kita mau kudus dan tidak berdosa. Oleh karena itu, walaupun Allah ingin manusia diselamatkan, ada suatu standar yang harus dipenuhi oleh manusia, yaitu hidup kudus karena Allah adalah kudus (1 Ptr 1:16). Ini menunjukkan bagian yang harus dikerjakan oleh manusia. Memang keselamatan adalah gratis oleh kasih karunia, tetapi meresponi dan mengerjakan keselamatan tersebut adalah proses perjuangan seumur hidup. Hidup kudus dan menjauhi dosa adalah dengan melihat Anak artinya mengikuti dan menuruti ajaran Tuhan Yesus. Marilah kita berdoa meminta kekuatan Roh Kudus agar kita dibimbing melawan keinginan dunia ini dan tetap taat walaupun tahun berganti sampai Dia menjemput kita.

BERDOA

BERNYANYI KJ-274:1 Bila Nanti Yesus Datang
Bila nanti Yesus datang menata intan-Nya, tiap orang yang percaya, kepunyaan-Nya. Tiap orang percaya kelak bercahaya bagai intan permata di mahkota-Nya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s