BERKAT ALLAH DAHSYAT


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-12:4 Dipuji Rohangkon Do Ho
Ai ho do na margogo i Sitompa sasude. Ho do na pangoluhon i, nang marmuduhon pe.

PEMBACAAN FIRMAN
Zak. 14: 9 – 11 (Pagi)
Dan. 7: 14 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 65: 6
Dengan perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau yang menjadi kepercayaan segala ujung bumi dan pulau-pulau yang jauh-jauh.

BERKAT ALLAH DAHSYAT
Mazmur ini adalah nyanyian pujian Daud kepada Tuhan atas doa-doanya yang dijawab. Di awal perikop disebutkan bahwa Tuhan melupakan kesalahan-kesalahan manusia bagi mereka yang mau mendekat. Bahkan, Dia berkenan melakukan perbuatan-perbuatan yang dahsyat. Mengapa Tuhan memberikan jawaban yang dasyat tersebut? Karena Dia mendengarkan doa kita (ayat 3). Tekun dan gigihlah berdoa. Firman Tuhan mengatakan “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. (Mat. 7:7). Jika kita berdoa, mulailah merenungkan siapa yang dapat kita andalkan untuk menolong kita saat mengalami kesulitan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, sering kita mengabaikan jawaban Tuhan kepada kita, karena selalu berharap jawaban atas keinginan kita sendiri. Jawaban yang mudah kita nikmati dan rasakan sendiri misalnya mendapatkan kenaikan gaji, memperoleh kenaikan jabatan, dapat membeli rumah idaman dan lain-lain. Semua permohonan kita hanya berupa kenikmatan kita sendiri yang efeknya kecil. Padahal jawaban dari Tuhan bisa lebih dahsyat, sebagaimana disebutkan dalam bab ini, Allah dapat menegakkan gunung-gunung (ayat 7), meredakan deru lautan (8), menyuburkan tanah, memberkati tumbuh-tumbuhan, padang gurun menjadi subur dan padang rumput dengan domba-domba (ayat 11-14).

Kita bersyukur atas berkat terdasyat yang diberikan Tuhan. Kita memohon agar Dia senantiasa hadir dan menyertai hidup kita, termasuk dalam setiap pergumulan kita. Bahkan, teruslah berdoa meski apa yang kita mohonkan belum dikabulkan dan sepertinya tidak diberikan, mintalah kekuatan agar bisa bangkit dan berkarya di tengah kelemahan dan keterbatasan kita Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-84: 1 Ya Yesus, Dikau Kurindukan
Ya Yesus, Dikau kurindukan, lipurkan lara batinku; seluruh hatiku terbuka menyambut kedatangan-Mu. Bahagia, terang sorgawi, Engkau harapan dunia: terbitlah, Surya Mahakasih, dan jiwaku terangilah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s