MENGASIHI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE- 212: 1. Haholongon Na Badia
Haholongon na badia, Sian Tuhan Jesus i. Sai Songgopi, sai bongoti, Roha dohot tondingki.

PEMBACAAN FIRMAN
Mat. 15:11a+18-20 (Pagi)
Why. 16:1-9 (Malam)

RENUNGAN
Yohanes 14:24
Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

MENGASIHI
Semua agama di dunia ini pasti selalu mengajarkan kasih dan tidak ada agama yang tidak mengajarkan kasih. Demikian juga kita sebagai orang Kristen sebagai tanda menuruti firman Allah harus berbuahkan kasih. Hal inilah yang ditekankan oleh Yesus dalam Matius 22:37+39 yang menyebut: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Masalahnya sekarang adalah apakah kita sudah benar-benar mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi kita? Apakah kita sudah mengasihi sesama manusia seperti diri kita sendiri? Mengasihi Tuhan tidak cukup hanya sekedar diucapkan atau sebatas melalui kegiatan-kegiatan kerohanian yang kita lakukan, dengan doa, bernyanyi, kebaktian. Sebagaimana firman Tuhan menyebut: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya pada hal hatinya jauh dari pada-Ku (Matius 15:8). Tetapi kita harus membuktikan kasih kita kepada Tuhan melalui perbuatan dan tindakan nyata dalam hidup kita sehari hari.

Mengasihi Tuhan harus benar-benar menyediakan waktu untuk mendengar, menghayati, merenungkan, menpercayai dan terutama melakukan firmanNya. Jadi bila ada pencobaan dengan seberat apapun masalah yang kita hadapi maka kita tidak mudah putus asa tetapi mampu menghadapinya dengan positip dan tahan uji, dengan mengingat firman Tuhan: Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Roma 8:28). Karena itu marilah kita selalu hidup dalam kasih, sebagaimana firman Tuhan menyebut: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya (I Yoh. 4:21). Jadi bila kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati maka kita juga harus mengasihi sesama manusia seperti diri kita sendiri. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-381: 1 Yang Mahakasih
Yang Maha kasih yaitu Allah. Allah Pengasih pun bagiku. Aku selamat oleh kasihNya. Oleh kasihNya kepadaku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s