DIBENARKAN KARENA IMAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE- 649: 1. Dipasada Ama i
Dipasada Ama i, angka na porsea i,
ni rahutan ni holong ni Kristus i,
marhite TondiNa i.

PEMBACAAN FIRMAN
Mat. 5:2-12 (Pagi)
Why. 15:5-8 (Malam)

RENUNGAN
Roma 5:1
Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

DIBENARKAN KARENA IMAN
Orang Kristen tentu tidak asing lagi dengan istilah “Sola Gracia”, yang berarti keselamatan hanya oleh karunia atau anugerah Tuhan semata dan bukan karena usaha kita dengan melakukan perbuatan baik. Anugerah itu telah diberikan Allah sebagai bagian dari proses pembenaran, di mana manusia yang berdosa dijadikan benar bukan berdasarkan pada apa yang diperbuatnya atau karena amal baiknya, tetapi berdasarkan apa yang telah Allah lakukan. Dengan usaha dan upaya sendiri, bahkan dengan perbuatan baik sekalipun, manusia tidak akan pernah dapat memperoleh keselamatan dan mengalami pemulihan hubungan dengan Allah, terkecuali inisiatif itu datangnya dari Allah sendiri. Jadi proses pembenaran ini dikerjakan oleh Allah sendiri, di mana Ia membenarkan setiap orang yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dibenarkan adalah berkenaan dengan perubahan dalam hubungan, yaitu hubungan antara Allah dan orang yang percaya kepada Yesus.

Dalam proses ‘pembenaran’ ini Allah berperan sebagai Hakim, yang oleh karena Anak-Nya Ia membenarkan orang berdosa (mengampuni dosa-dosanya) yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, sehingga hukuman dosa tidak lagi ditanggungkan ke atas orang itu. Oleh karena itu, kita harus menyadari bahwa iman kita harus diwujudnyatakan dalam bentuk perbuatan. Tidak ada gunanya kita berkata bahwa kita adalah orang beriman kepada Yesus Kristus, tetapi kehidupan kita justru mempermalukan-Nya. Iman kita harus kita tunjukkan melalui perbuatan. Oleh karena itu, jangan bangga jika kita sudah percaya kepada Yesus. Banggalah jika kita mampu setia kepada-Nya, setia mengikuti jalan-Nya, hingga kita mati nanti. Jika kita mampu setia hingga akhir, Tuhan Akan memberikan mahkota kehidupan kekal kepada kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-446: 1 Setialah
Setialah kepada Tuhanmu, hai kawan yang penat. Setialah, sokongan-Nya tentu di jalan yang berat. ‘Kan datang Raja yang berjaya menolong orang yang percaya. Setialah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s