MAKNA PENGORBANAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE 248:1. “Saleleng Ho Di Tano On”
Saleleng ho di tano on, patigor ma roham
Paingotingot ma tongtong, ni dok ni Debatam.

PEMBACAAN FIRMAN
Ef. 3:7-9 (Pagi)
1 Taw. 16:23-29 (Malam)

RENUNGAN
Markus 8:35
Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya.

MAKNA PENGORBANAN
Pengorbanan adalah suatu tindakan atas kesadaran moral yang tulus dan ikhlas yang biasanya diwujudkan dalam bentuk pertolongan dan tidak mengharapkan imbalan. Bentuk pengorbanan sangat variatif, ada dalam bentuk benda, tenaga, dan lain-lain. Sebagai pengikut Kristus tentunya hal tersebut bukan hal yang asing. Allah telah mengorbankan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup kekal (Yoh. 3:16). Keteladanan Yesus mestinya menjadi inspirasi bagi umat manusia zaman sekarang, menolong orang lain dengan ikhlas tanpa membedakan latar belakang dan tanpa mengharapkan imbalan. Ketika seseorang butuh pertolongan dan kita mampu menolongnya, kenapa tidak kita segera menolongnya? Markus 8:35 sangat jelas menyebutkan pengorbanan akan mendatangkan keselamatan. Siapa yang mau menyelamatkan nyawanya akan kehilangan nyawanya, dan yang kehilangan nyawa karena Aku maka akan diselamatkan.

Kita tidak perlu sampai mati (kehilangan nyawa) sebagai bukti pengorbanan, namun perlu kesetiaan dengan segala konsekwensinya untuk memberitakan Injil dan sebagai saksi Kristus. Tidak mudah tapi pasti bisa, sebab mengikut Yesus berarti siap memikul Salib, mengikut Yesus berarti siap menghadapi berbagai tantangan. Di akhir tahun ini kita tentunya mengintrospeksi diri, apa pengorbanan yang kita berikan sebagai pengikut Kristus? Kehilangan nyawa berarti kita memberikan apa yang bisa kita berikan, tubuh kita adalah persembahan yang terbaik karena itu melalui perbuatan, perkataan, atau dalam segala hal. Mari kita buktikan pengorbanan kita sebagai pengikut Kristus, amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ. 364:1. Berserah Kepada Yesus
Berserah kepada Yesus tubuh roh dan jiwaku. Kukasihi, kupercaya, ku ikuti Dia t’rus. Aku berserah, aku berserah
Kepada-Mu Jurusl’mat aku berserah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s