BERITAKANLAH FIRMAN TUHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-25:1 HataMi, Ale Tuhanku
HataMi, ale Tuhanku, arta na umarga i,
Sai paian di rohangku, unang so hutiop i.
Molo so be sitiopan hata na badia i,
aha nama haojahan ni haporseaon i?

PEMBACAAN FIRMAN
2 Kor. 5:19-21 (Pagi)
Maz. 105:1-6 (Malam)

RENUNGAN
2 Timotius 4:2
Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

BERITAKANLAH FIRMAN TUHAN
Ayat ini diawali oleh Paulus dengan penyataan Tuhan dan demi kerajaan Tuhan. Ada lima hal yang diperintahkan oleh Paulus: 1) beritakanlah firman; 2) siap sedialah baik atau tidak baik waktunya; 3) nyatakanlah apa yang salah; 4) tegorlah; dan 5) nasihatilah. Dalam kelima perintah ini terkandung pesan agar kita menggunakan segala kesempatan untuk memberitakan firman, karena waktunya sudah sangat mendesak. Di ayat 3 dan 4 disampaikan bahwa akan datang waktunya orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat dan mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran. Maka firman Allah bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2 Tim 3: 16).

Saudara, pertama, firman itu sendirilah yang harus kita beritakan serta di dalam melakukan koreksi dan menasehati, kita harus tetap berpatokan pada firman. Kedua, kita melaksanakan perintah-perintah ini dengan penuh kesabaran dan pengajaran. Kita menghadapi tantangan di mana orang akan lebih senang belajar pada guru-guru yang mengikuti kehendak mereka untuk menyenangkan keinginan telinga mereka (ay.3b). Jadi kita harus sabar dan tekun untuk mengajarkan firman Tuhan. Ketiga, gunakan talenta yang kita miliki masing-masing, sekecil apapun itu, untuk memberitakan firman agar semakin banyak orang yang mengenal Yesus. Setiap kita diberi talenta berbeda-beda, talenta suara dan kemampuan bernyanyi, talenta mengajar, talenta bercerita, dan lain-lain. Keempat, kita harus hidup didalam firman itu sendiri, perbuatan kita yang sesuai dengan firman lebih kuat pengaruhnya bagi orang yang melihatnya daripada mendengarkan perkataan yang keluar dari mulut kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-406:1. Ya Tuhan Bimbing Aku
Ya Tuhan bimbing aku di jalanku, sehingga ‘ku selalu bersama-Mu. Engganlah ‘ku melangkah setapak pun. ‘Pabila Kau tak ada di sampingku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s