SADAR TELAH DIKASIHI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-716: 3 Di na Mamolus Sandok Ngolu on
Ula na denggan tu halak sude, songon na binaenNa tu ho. Ingot urupi luhut na gale, gabe parholong ma ho. Bahen ma ahu parhiteanMu pasupasuM mabaor ma i. Ale Tuhanhu patupa ma au bahen pasupasu tu dongan sude.

PEMBACAAN FIRMAN
Luk. 4:17-19 (Pagi)
Yes. 61:1-3 (Malam)

RENUNGAN
Roma 12:13
Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan!

SADAR TELAH DIKASIHI
Sebagai orang percaya dan diselamatkan, hal pertama yang harus disadari adalah bahwa kita adalah milik Allah. Kita diberikan Allah berkat berupa harta benda, pekerjaan, waktu, maupun kelebihan lainnya dalam hidup ini. Kita bisa sekolah dan menjadi pintar, kita bisa bekerja sehingga bisa leluasa memenuhi kebutuhan kita, itu adalah rahmat Allah. Rumah kita juga adalah kepunyaan Allah. Jika kita mengakui bahwa hal-hal tersebut semuanya adalah dari Allah, maka sangat mudah mengerti akan makna ayat ini.

Kesadaran di atas mendasarkan bagaimana kita menolong orang lain. Kita berbagi, menolong dan mengasihi karena Allah, di dalam Allah, dan bersumber dari Allah. Akan tetapi kadang iman kita tidak begitu kuat, ragu dan takut bahwa dengan memberi kita malah kekurangan. Kita meragukan kebaikan Allah memberikan berkat bagi kita. Kita harus belajar dari kasus Elia dan janda di Sarfat (1Raj. 17: 11-12). Justru di masa sulit dan tidak mungkin untuk membantu, Allah melalui Elia memberikan berkat sehingga kebutuhannya akan tercukupi hingga musim paceklik berakhir.
Saudara, kita diajarkan untuk membantu dalam dua cara: satu, dengan membantu secara langsung karena memang sangat mendesak dan perlu dibantu saat itu juga seperti bantuan makanan dan tinggal sementara. Tapi cara kedua lebih baik: baik: dengan memberikan bantuan agar di masa depan sesama yang dibantu bisa merdeka dan berdiri sendiri. Seperti bantuan beasiswa pendidikan, memberikan arahan dan dukungan untuk dapat bekerja. Jika kita telah membantu orang sekitar kita dan berbuah, maka akan lebih mudah dan lebih banyak orang yang bisa membantu sesama dalam membagikan berkat Allah dalam jumlah yang lebih besar, dan itu membuktikan kita bisa menjadi garam dan terang dunia. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-424:2 Yesus Menginginkan Daku
Yesus menginginkan daku menolong orang lain, manis dan sopan selalu, ketika ‘ku bermain. Bersinar, bersinar; itulah kehendak Yesus; bersinar, bersinar, aku bersinar terus.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s