MENGENAL ALKITAB SEJAK DINI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-221:2 Saleleng Jesuski
Parmahan Jesushi, birubiruNa au, ditogutogu tondingki, ndang be marmara au

PEMBACAAN FIRMAN
1 Kor. 15:1-11 (Pagi)
Neh. 8:1-4 (Malam)

RENUNGAN
2 Timotius 3:15
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

MENGENAL ALKITAB SEJAK DINI
Proses tumbuh kembang anak sangat dipengaharui lingkungan si anak. Kemampuan intelektualitas, emosional dan spiritual adalah tiga hal yang bertumbuh sangat pesat di saat usia dini. Eunike Ibunya Timotius dan neneknya Lois adalah perempuan Yahudi yang saleh dan yang memperkenalkan serta mengajarkan Alkitab (septuaginta) kepadanya sejak kecil. Seperti yang tertulis pada 2 Timotius 1:5 Paulus mengatakan: “Melihat Imannya Timotius yang tulus ikhlas itu adalah pertama-tama hidup di dalam neneknya Lois dan di dalam ibunya Eunike.” Pada tahun 1648 Rembrandt, seorang pelukis legendaris mengabadikan kisah Timotius dan neneknya ini dalam sebuah lukisan mahakarya dengan judul “Timothy and his grandmother.” Suatu pesan lukisan yang indah dan kuat perihal perbuatan bijak seorang nenek yang mengasihi cucunya agar dapat bertumbuh dan hidup dalam firman Allah.

Sebagai anak yang terbiasa hidup dalam didikan, Timotius segera mendapat perhatian dari Rasul Paulus. Timotius menjadi pembantu muda yang rajin dan dan sangat diandalkan. Timotius juga dipercaya dan diutus untuk mengatur keadaan jemaat di Korintus yang sedang berselisih dan di Tesalonika memberi nasihat yang menguatkan jemaat yang sedang teraniaya. Di usia yang ke-80 dengan keadaan tubuh lemah Timotius tampil berkhotbah mengingatkan jemaat Efesus untuk tidak melakukan prosesi penyembahan berhala. Namun massa marah dan memukulinya, menyeretnya di jalan-jalan, melemparinya dengan batu sampai mati. Timotius dicatat sebagai salah satu Uskup Kristen abad pertama yg terkenal dan juga dihormati sebagai seorang Rasul, Santo dan Syuhada.

Untuk tiba dan sanggup menjalani hidup Timotius ini tidak lain adalah karena Firman Tuhan yang telah mengubah hidupnya. Maka marilah kita perkenalkan dan didik Alkitab kepada anak-anak kita sejak dini. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-457:4 Ya Tuhan Tiap Jam
Ya Tuhan, tiap jam ajarkan maksud-Mu; b’rilah janji-Mu genap di dalam hidupku. Setiap jam, ya Tuhan, Dikau kuperlukan; ‘ku datang, Jurus’lamat, berkatilah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s