YESUS SANG GEMBALA AGUNG


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-691:1 – Hupasahat Ma Tu Jesus
Hupasahat ma tu Jesus saluhutna ngolungki. Roha nang pambaenanku saluhutna tingkingki. Hupasahat ma tu Jesus saluhutna diringki. Hupasahat ma tu Jesus saluhutna ngolungki

PEMBACAAN FIRMAN
Tit. 1:4-9 (Pagi)
2 Taw. 26:3-5 (Malam)

RENUNGAN
1 Petrus 5:2
Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

YESUS SANG GEMBALA AGUNG
Yesus mengatakan ada dua jenis gembala yaitu; pertama gembala upahan yang tidak rela mempertaruhkan hidupnya untuk keselamatan domba gembalaannya, tidak mengenal domba-dombanya, dan domba-dombanya tidak mengenal gembalanya, karena tidak ada hubungan yang intim. Kedua gembala yang baik, yaitu yang telah menyerahkan nyawa-Nya untuk keselamatan domba-domba. Demikian juga; ada dua jenis kandang yaitu; pertama, kandang yang ada di kampung atau kota yang terbuat dari kayu atau batu dan memiliki pintu akses keluar-masuk domba agar terhindar dari predator atau pemangsa domba tersebut. Kedua, kandang yang ada di hutan atau di padang belantara yang terbuat dari batu-batu besar yang ditumpuk atau disusun rapi berbentuk kandang domba di atasnya dibuat daun-daunan agar terlindung dari hujan dan panas. Namun, kandang itu tidak punya pintu, gembala di padang belantara atau di hutan berfungsi sebagai gembala dan pintu artinya jika ada predator atau pemangsa yang ingin mengganggu atau memangsa domba tersebut pertama sekali akan berhadapan dengan gembala, karena hidup matinya domba yang ada di kandang tergantung pada gembala bukan pada domba. Hubungan gembala dan domba seperti hubungan manusia dengan Allah, karena manusia tidak dapat berbuat apa-apa tanpa Yesus (bnd. Yoh 15:5). Kita semua adalah domba-domba Allah, lalu apakah kita sudah punya hati seperti domba? Yang bergantung sepenuhnya kepada Yesus gembala agung tersebut? Jika Allah di dalam kita dan kita di dalam Allah apakah masih ada yang dapat memangsa kita? Jawabnya ada yaitu iblis, karena itu bangunlah hubungan yang intim dengan Allah, menjadi murid Yesus yang setia, tekun berdoa, dan menjadi pelaku firman, agar kita semakin hari semakin serupa dengan Kristus. Jangan hanya sebatas pengikut dan ingin berkat tetapi jadilah murid Yesus yang taat dan setia. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-285:1 Tuhanlah Gembalaku
Tuhankulah Gembalaku; oleh Nya ‘ku tent’ram di padang
hijau yang segar, di pinggir air tenang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s