MELAKUKAN KEBENARAN DAN KEADILAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-23:1 – Jesus Hami Ro Dison
Jesus hami ro dison, asa masihangoluan. I pe ro ma Ho tuson, jala baen ma pardomuan. Ni tondiM tu tondinami, unang mampar rohanami.

PEMBACAAN FIRMAN
Kol. 4:1-2 (Pagi)
Yer. 22:1-5 (Malam)

RENUNGAN
Amsal 21:3
Melakukan kebenaran dan keadilan lebih dikenan TUHAN dari pada korban.

MELAKUKAN KEBENARAN DAN KEADILAN
Penulis Amsal melihat ada tindakan umat yang melenceng dari jalan Tuhan dalam hal memberikan persembahan. Umat rajin beribadah dan senantiasa memberikan persembahan di rumah ibadah. Namun mereka tidak melakukan kebenaran dan keadilan dalam kehidupannya sehari-hari. Orang lain mungkin tertipu melihat mereka dan percaya bahwa persembahan itu murni. Namun, Tuhanlah yang adalah Hakim yang Benar. Dalam konteks nas ini, jika kita sudah hidup dalam melakukan kebenaran dan keadilan, maka diri kita sendiri menjadi persembahan yang harum di mata Tuhan. Jadi kebenaran ini tentu tidak mengajarkan kita anti persembahan kepada Tuhan, sebab persembahan itupun adalah kehendak Allah. Inti dari nas ini adalah Allah yang menebus kita dari dosa dengan mengorbankan anak-Nya, menginginkan persembahan atau korban diberikan dari umatNya sebagai rasa syukur karena mencintai firman-Nya, menghidupi kebenaran dan keadilan dalam hidupnya. (Band Yes 1: 16-17).

Dalam kasus lain, kita bisa memperhatikan dialog Yesus dengan para ahli taurat tentang hukum yang utama, di mana sangat jelas Yesus menginginkan agar manusia terlebih dahulu mengasihi Tuhan dan mengasihi sesamanya. Arti mengasihi sesama di dalamnya termasuk melakukan tindakan yang benar dan adil itu lebih utama dari korban bakaran dan sembelihan (Markus 12: 29-34). Untuk itu sebagai umat yang telah ditebus, marilah kita mencintai Dia dan tetap setia melakukan kebenaran dan keadilan dalam kesaksian hidup yang nyata seperti yang diperintahkan-Nya. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-436:1 Lawanlah Godaan
Lawanlah godaan, s’lalu bertekun; tiap kemenangan kau tambah teguh; nafsu kejahatan harus kautentang; harap akan Yesus: pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan; Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s