KEBAHAGIAAN PEMBAWA DAMAI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-26: 1 Ale Dongan Na Saroha
Dame nimMu ale Jesus, lehononMu di bangsoM./ TondiMi do napatulus hataMi tu naposoM./ Dangol hami jala pogos, dang tau baen parhaladoM, tondi Parbadia tongos margogoihon hami on.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Kor.12:12-14 (Pagi)
Yoh. 15:1-6 (Malam)

RENUNGAN
Matius 5: 9
“Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.”

KEBAHAGIAAN PEMBAWA DAMAI
Semua orang pastilah mendambakan kebahagiaan. Ada dua hal pokok dalam rumusan bahagia yang disampaikan Yesus pada kotbah di bukit yakni tentang waktu saat ini (sekarang) dan waktu yang akan datang. Yesus mengatakan berbahagialah pada apa yang terjadi, yang dialami dan apa yang dilakukan saat ini, karena pada masa mendatang atau sesudahnya akan memperoleh buah-buah kebaikan. Nas ini menekankan ”Berbahagialah orang yang membawa damai (saat ini), karena mereka akan disebut anak-anak Allah (mendatang).

Dunia penuh kekacauan, perseteruan dan pertentangan apabila tidak ada damai. Ada banyak contoh yang dapat kila lihat yang tertulis dalam Alkitab yang menggambarkan betapa kengerian akan terjadi di tengah tengah kehidupan manusia apabila tidak ada lagi damai. Kain membunuh saudaranya Habel karena dia tidak berdamai dengan dirinya sendiri. Yakub menghianati abangnya Esau untuk merebut hak kesulungan, karena tidak ada lagi damai sehingga dia harus menjadi orang pelarian yang dihantui rasa bersalah yang dikejar-kejar. Raja Saul juga mencari dan merencanakan untuk membunuh Daud karena tidak ada lagi rasa damai di hatinya menyaksikan ketangkasan dan kepintaran Daud yang masih muda itu. Herodes juga demikian, ketika dia membunuh anak-anak di bawah umur 2 tahun, karena tidak ada lagi damai di hatinya. Dewasa ini, kehadiran pembawa damai sangat diharapkan terutama di dalam kehidupan keluarga, gereja bahkan masyarakat. Sebagai orang Kristen kita dijadikan sebagai pelopor damai. Mari menjadi pelaku damai dalam kehidupan kita sehingga kebahagiaan itu menjadi milik kita dan kitapun akan disebut anak-anak Allah. Amin

BERDOA

BERNYANYI KJ-249:1 Serikat Persaudaraan
Serikat persaudaraan, berdirilah teguh! Sempurnakan persatuan di dalam Tuhanmu. Bersama-sama majulah, dikuatkan iman. Berdamai bersejahtera dengan pengasihan.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s