MENGASIHI SAUDARA BERARTI MENGASIHI ALLAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-640-1 Haholongon Sian Ginjang
Haholongon sian ginjang las ni roha na hot i./ Tumpal ni asi ni roha sai bongoti rohangki./ Jesus na gok asi ni roha dohot haholongon i, baen malua, baen martua hami na tahutan i.

PEMBACAAN FIRMAN
Gal. 6: 1 – 6 (Pagi)
1 Sam. 18:1–3 (Malam)

RENUNGAN
1 Yohanes 4: 21
“Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya. “

MENGASIHI SAUDARA BERARTI MENGASIHI ALLAH
“Salib” sebagai simbol dari pengorbanan yang dilakukan oleh Yesus memiliki dua aspek yang saling berhubungan. Aspek yang pertama adalah garis vertikal, yaitu sebagai simbol pendamaian manusia dengan Allah; dan aspek yang kedua adalah garis horizontal, yaitu sebagai simbol perdamaian manusia dengan manusia. Kedua aspek ini adalah pembuktian kasih Yesus Kristus kepada dunia ini, di mana kasih kepada Allah harus dinyatakan dengan kasih kepada sesama manusia. Adalah sebuah kebohongan apabila seseorang menyatakan dirinya mengasihi Allah, padahal tidak mengasihi sesama manusia. Mengasihi sesama manusia adalah respon karena telah menerima kasih Allah, dari pengorbanan Yesus Kristus; hanya seorang yang telah menyadari bahwa dirinya telah menerima kasih Allah yang akan dengan tulus mengasihi sesamanya.

Seorang Teolog bernama Karl Barth berkata bahwa “Mengasihi sesama manusia adalah bukti bahwa kita mengasihi Allah, sehingga tidak ada kasih kepada Allah tanpa kasih kepada manusia.” Lalu bagaimana kita mengasihi sesama manusia? Untuk mengasihi sesama manusia tentu harus belajar banyak dari apa yang dilakukan oleh Yesus, karena kasih yang diberikannya adalah kasih yang tulus. Mengasihi berarti tidak membalas hal yang tidak baik, tidak mengecewakan orang lain, membawa damai, memberikan pengaruh yang positif, dan hal baik lainnya. Karena itu juga yang diajarkan oleh Yesus. Selamat berbuat kasih kepada sesama manusia. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-427-1 ‘Ku Suka Menuturkan
‘Ku suka menuturkan cerita mulia, cerita Tuhan Yesus dan cinta kasih-Nya./ ‘Ku suka menuturkan cerita yang benar, penawar hati rindu, pelipur terbesar./ ‘Ku suka menuturkan, ‘ku suka memashyurkan cerita Tuhan Yesus dan cinta kasih-Nya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s