KEMERDEKAAN KRISTEN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-210: 1 O Tuhan na marasi Roha
O Tuhan na marasi roha, na so tardodo jolma i. Torop do halak si pardosa, na rap mamuji goarMi. Dibaen basaM na godang i, marhite-hite Jesus i.

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh. 8:30-36 (Pagi)
Rom. 6:15-23 (Malam)

RENUNGAN
Galatia 5: 1
“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.”

KEMERDEKAAN KRISTEN
Melalui surat ke jemaat di Galatia, Paulus ingin menyelamatkan jemaat di Galatia yang dikacaukan dengan ajaran sesat yang mengatakan bahwa keselamatan akan diperoleh dengan menjalankan dan mentaati hukum taurat. Di ayat 13 Paulus menegaskan “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk hidup dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain dalam kasih. Orang yang merdeka haruslah menghargai kemerdekaannya dengan berbuat baik kepada sesama dan menjauhi dosa. Hukum Taurat yang berisi 613 hukum yang dalam pemahaman Yahudi disebut sebagai “kuk” atau beban yang mengikat. Kuk atau beban ini sangatlah berat dan Tuhan Yesus melalui kematian-Nya di kayu salib menggantikan kuk atau beban yang berat ini dengan kuk yang ringan (baca Mat 11:28-30).

Di dalam Roma 2: 13 dikatakan “bahwa bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang akan benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.” Coba kita bandingkan dengan Roma 3:20 “Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.” Apakah kedua ayat ini bertentangan? Jawabannya tidak …. karena melalui 2 ayat ini kita mengerti bahwa tidak ada seorangpun yang dapat melaksanakan seluruh hukum Taurat untuk menyelamatkan dirinya, keselamatan sepenuhnya adalah anugrah dari Tuhan yang hanya akan kita terima dengan iman percaya kita. Amin

BERDOA

BERNYANYI KJ-178: 1 Kar’na Kasih-Nya Padaku
Kar’na kasih-Nya padaku, Yesus datang ke dunia; Ia t’lah memb’ri hidup-Nya ganti ku yang bercela. O, betapa mulia dan ajaib kuasa-Nya! Kasih Jurus’lamat dunia menebus manusia.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s