IMAN DALAM PERBUATAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-6:1 Puji Jahowa na Sangap
Puji Jahowa na sangap huhut marmulia./ Hamu sude na parroha na ringgas na ria./ Marpungu be, marolopolop sude, hamu sude manisia

PEMBACAAN FIRMAN
Kisah 13:39-41 (Pagi)
Maz. 102:13-23 (Malam)

RENUNGAN
Yesaya 58: 6
“Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuku, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk.”

IMAN DALAM PERBUATAN
Ritual keagamaan tanpa aksi adalah suatu kebohongan. Ritual keagamaan haruslah dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, namun bukan ingin mengesampingkan ritual atau ingin mengatakan ritual itu tidak penting. Seperti apa yang dirasakan oleh bangsa Israel pada teks ini, dimana mereka merasakan Tuhan jauh dari kehidupan mereka, sedangkan mereka telah berusaha untuk mematuhi seluruh aturan keagamaan ke-Yahudian termasuk berpuasa. Namun salahnya apa yang mereka lakukan hanyalah sebagai ritual semata, tanpa mereka aplikasikan dalam kehidupan nyata.

Pada hari ini, Nabi Yesaya mengajak untuk hidup di dalam ritual keagamaan dan melakukannya dalam kehidupan nyata. Ritual keagamaan adalah gambaran atas pendamaian yang dilakukan oleh Yesus sebagai penebusan dari dosa, dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari adalah respon atas pendamaian itu, yang ditunjukkan dengan menjadi berkat kepada orang lain. Terbebas dari kemunafikan, penindasan dan perbuatan yang merugikan sesama. Ibadah dan ritual dalam ibadah diberikan Tuhan sebagai kemerdekaan bagi kita (bnd. Kebebasan bangsa Israel dari Mesir; Kel.7:16; 8:1 dsb), sehingga orang yang beribadah atau mengikuti suatu ritual keagamaan haruslah juga membawa kemerdekaan kepada orang lain atau pun ciptaan lainnya. Selamat berkarya!

BERDOA

BERNYANYI KJ-17:4 Tuhan Allah Hadir
Raja yang mulia biarlah hambaMu mengagungkanMu selalu, hingga aku ini sungguh beribadat sama seperti malaikat, dan benar mendengar firman-Mu ya Tuhan agar kulakukan!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s