KEBENARAN DAN MERDEKA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-504:1 Ditogu Tuhan Jesus Au
Ditogu Tuhan Jesus au, ido na mangapuli au. Di ganup dalan nang tung maol tanganNa do tongtong huhaol. Ditogutogu Jesus au tanganNa sai maniop au. Tongtong ma siseanNa au, paima boi tu surgo lao.

PEMBACAAN FIRMAN
Yak. 1:22-25 (Pagi)
Maz. 146:6-10 (Malam)

RENUNGAN
Yohanes 8: 32
“Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

KEBENARAN DAN MERDEKA
Ayat ini adalah bagian dari perkataan Yesus kepada orang Yahudi yang percaya kepada-Nya. Dalam pengajaran-Nya tersebut terdapat komentar dari mereka bahwa mereka tidak pernah merasa jadi hamba siapapun karena keturunan Abraham. Dan Yesus pun menjawab bahwa setiap orang yang berbuat dosa adalah hamba dosa, dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, namun anak tetap tinggal dalam rumah.

Suatu kebenaran jadi sesuatu yang penting untuk diketahui oleh pengikut Yesus karena hanya dengan kebenaran itulah kita dapat menjadi manusia yang merdeka. Supaya kita bisa memperoleh kebenaran tersebut maka kita harus tetap hidup dalam Firman Tuhan. Pengajaran dalam renungan ini sangat bersifat strategis sekali bagi seorang pengikut Tuhan Allah untuk berjuang dan berkarya dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Saat ini banyak sekali pihak-pihak yang mencoba menanamkan kebenaran yang seolah-olah berasal dari Tuhan tetapi sudah bercampur dengan kepentingan. Dan dampak yang terjadi sangatlah merisaukan orang banyak, contoh ekstrimnya seperti kejadian peristiwa pengeboman atau kriminal oleh teroris, di mana para pelaku sudah benar-benar diperbudak oleh kemauan dari pemimpin tersebut, sehingga dalam melaksanakan pengeboman bunuh diri itu si pengebom meyakini dengan tindakan tersebut dia akan mematikan orang yang ditarget dan upah kematiannya sendiri akan membawanya ke dalam surga. Perlu dibenahi, banyak orang yang mengaku beragama namun buah dari perbuatannya jauh dari yang dikehendaki oleh Tuhan. Apa yang dilakukannya bertentangan dengan Firman Tuhan. Perbuatan dosa tersebut dampaknya sangat fundamental dan menciptakan berbagai permasalahan dan penderitaan. Jadi kembalilah hidup dan tinggal dalam Firman Tuhan, agar kita memiliki kebenaran yang dari Tuhan yang memampukan kita menjadi insan yang merdeka. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-446: 4 Setialah
Setialah kepada yang menang, meski maut kau tempuh. Setialah sehabis berperang terima upahmu: mahkota hidup diberi-Nya, kau masuk dalam t’rang ceria, setialah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s