HIDUPLAH KUDUS


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-123: 3. Ale dongan na saroha
Sai pasada ale Tuhan, Angka na porsea i. Asa masihaholongan Songon na pinatikMi. Dibagasan hasintongan, I do pinangidoMi. Sai padomu angka dongan, Na tutu sinondangMi.

PEMBACAAN FIRMAN
2 Tim. 3:1-5 (Pagi)
Yer. 22:13-17 (Malam)

RENUNGAN
Imamat 19: 13
Janganlah engkau memeras sesamamu manusia dan janganlah engkau merampas; janganlah kautahan upah seorang pekerja harian sampai besok harinya.

HIDUPLAH KUDUS
Karena Allah kudus maka umat-Nya pun wajib hidup kudus dalam semua aspek. Ayat di atas menekankan kekudusan pada sikap dan tindakan terhadap sesama manusia. Betapa banyak orang, sepertinya tidak punya hati nurani, mempermainkan hak orang lain. Janganlah kita kedapatan memeras sesama manusia, sebab mereka juga berharga di mata Tuhan. Apa yang berharga bagi Tuhan, kita juga harus menghargainya. Bukan sebaliknya, apa yang tidak berkenan di mata Tuhan kadang-kadang begitu berharga bagi kita.

Ayat ini kiranya menumbuhkan kesadaran kita bersama agar menguduskan sesama. Kesadaran seperti ini sebaiknya kita bangun mulai dari rumah tangga kita sendiri, yaitu mendidik anak-anak kita agar memahami dan menghargai kekudusan setiap pribadi manusia. Pemahaman seperti itu, akan sangat berharga dalam kehidupan mereka di kemudian hari, sehingga mereka bersikap dan berperilaku tidak mau menindas orang lain, tidak mau merampas dan mengambil hak orang lain.

Dalam sebuah catatan Alkitab, Tuhan berkata bahkan mereka yang tidak mampu lagi bersuara dan habis suaranya sebagai akibat penganiayaan, orang-orang seperti itu jeritannya pun sampai kepada Tuhan. Darah Habel, yang tertumpah di bumi itu kemudian berseru-seru kepada Tuhan Allah; dan Tuhan mendengarnya. Tuhan sendiri akan menjadi pembela mereka, dan Dia akan menuntut kepada setiap orang yang menindas dan menganiaya sesamanya (Lukas 11, 51). Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-436: 2. Lawanlah Godaan
Tinggalkan yang jahat, dosa dicegah; tindakanmu tulus tiada bercela: junjung kebenaran, hidup dalam t’rang, harap akan Yesus: pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan; Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s