BEKERJA DAN BERHENTI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-275: 1. O Jesus Tuhanki
O Jesus Tuhanki, Ho Siparmonang i. Raja tongtong. Ndang na margogo au. Molo so Ho di au, I pe dongani au Di tano on.

PEMBACAAN FIRMAN
Ams. 6:6-11 (Pagi)
Ul. 15:1-9 (Malam)

RENUNGAN
Keluaran 34: 21
Enam harilah lamanya engkau bekerja, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah engkau berhenti, dan dalam musim membajak dan musim menuai haruslah engkau memelihara hari perhentian juga.

BEKERJA DAN BERHENTI
Kita mengetahui dari Alkitab bahwa Tuhan Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya dalam enam hari. Jika kita membaca Alkitab, kita akan mengetahui, bagaimana Tuhan Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya dengan urutan penciptaan yang sempurna. Allah melihat segala yang diciptakan-Nya itu sungguh amat baik. Kemudian pada hari ketujuh, Allah berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya, lalu memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya.

Sesungguhnya, Allah yang adalah pencipta telah memberikan teladan kepada kita ciptaan-Nya. Ketika menciptakan makhluk hidup, Allah memberkatinya. Kepada manusia sebagai ciptaan tertinggi diberi-Nya kuasa untuk menaklukkan dan menguasai ciptaan lainnya. Namun bukan hanya kuasa yang Dia berikan, tetapi juga peraturan, hukum dan tanggung jawab supaya manusia tidak lupa akan kodratnya sebagai ciptaan. Karena itu, melalui nas hari ini, kita dapat memetik beberapa hal, yaitu: 1. Bekerja lebih banyak daripada berhenti. Waktu yang Tuhan berikan kepada kita harus lebih banyak dipergunakan untuk bekerja dari pada berhenti. Itu berarti tidak ada kata malas bagi setiap orang percaya. 2. Berkuasa bukan dikuasai oleh pekerjaannya. Ini sesuai firman Allah pada waktu penciptaan manusia pertama. Manusialah yang harus mengendalikan pekerjaannya, bukan sebaliknya manusia diperbudak oleh pekerjaannya. Di tengah-tengah perjuangan hidup yang semakin berat, tidak jarang manusia diperbudak oleh pekerjaannya, bekerja siang dan malam sampai lupa makan dan beristirahat sehingga jatuh sakit. 3. Berhenti atau beristirahat. Ini akan memberikan kesempatan kepada tubuh dan pikiran kita untuk disegarkan kembali. Namun yang lebih utama adalah supaya kita beribadah dan bersyukur atas pemeliharaan Tuhan dalam satu minggu yang sudah kita lalui. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-406: 2. Ya Tuhan Bimbing Aku
Lindungilah hatiku di rahmat-Mu, dan buatlah batinku tenang teduh. Dekat kaki-Mu saja ‘ku mau rebah, dan tidak ragu-ragu ‘ku berserah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s