DI MANAKAH HARTAMU BERADA?


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-115:1 Tuhan Debata
Tuhan Debata sai ramoti ma, daging dohot tondinami ido pangidoan name. Sai pahipas be hami on sude.

PEMBACAAN FIRMAN
Kis. 2:44-46 (Pagi) Ams. 10:1-3 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 62:11
Janganlah percaya pada pemerasan, janganlah menaruh harap yang sia-sia kepada perampasan; apabila harta makin bertambah janganlah hatimu melekat padanya.

DI MANAKAH HARTAMU BERADA?
Mengapa anak sekolah hapal judul film dan waktu tayang, sedangkan waktu bimbel dan jadwal pelajaran sekolah bisa lupa? Mengapa anak-anak sulit bangun pagi untuk berangkat sekolah, namun jika jalan-jalan mereka tidak perlu dibanguni sudah bangun. Mengapa banyak bapa-bapa hapal nama pemain bola dan jadwal bola dunia, tapi lupa tanggal lahir anaknya dan tanggal pernikahannya? Jawab adalah; value atau nilai. Karena apa yang dianggap paling bernilai, berharga sangat menentukan hati, dan ingatan seseorang. Matius 6:21.”Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada”. Apa yang dianggap seseorang berharga maka di sanalah hatinya berada, pertanyaanya adalah di mana hartamu saat ini berada? Nilai menentukan hati berada dan apa yang akan dilakukan.

Sedikitnya ada dua macam harta dan dua macam waktu, dalam, Matius 6:19-21 dituliskan ada harta di bumi yang dapat dirusak ngengat, karat dan dicuri pencuri yang sifatnya sementara. Sedangkan harta yang kedua adalah harta sorgawi yang bersifat kekal, abadi, yang tidak dapat di curi-curi, dimakan ngengat dan api. Ada dua macam waktu yaitu; waktu di bumi yang bersifat sementara dan waktu di surga yang bersifat kekal, abadi. Nilai seseorang menunjukkan hati seseorang, dalam Matius 6:24 disebutkan, bahwa manusia tidak bisa mengabdi kepada dua tuan, kepada Allah dan mammon, karena akan mengasihi yang satu dan membenci yang lain. Karena hati manusia itu sangat licik, ”Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? (Yer. 17:9). Rasul Paulus menuliskan dalam 1 Timoteus 6:10 ”Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka”. Cinta uang adalah musuh yang paling menjanjikan dan jahat, itulah sebabnya banyak orang jatuh dalam dosa. Karena itu jangan mengabdi pada dua tuan, utamakanlah kerajaan Allah di atas segala-galanya agar semuanya itu ditambahkannya kepadamu. Amin.

BERDOA

BERNYANYI – KJ-419:1 – Yesus Pimpinlah
Yesus pimpinlah kami s’lamanya, Hanya Dikau kami ikut, di sepanjang jalan hidup. Tuntun umat-Mu masuk rumah-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s