JAGALAH HATI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin

BERNYANYI BE-248:1 Saleleng Ho di Tano on
Saleleng ho di tano on, patigor ma roham. Paingotingot ma tongtong nidok ni Debatam.

PEMBACAAN FIRMAN
Kej. 8:21-22 (Pagi)
Yes. 48:20-22 (Mlm)

RENUNGAN
Amsal 27:19
Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

JAGALAH HATI
Amsal merupakan ucapan, perumpamaan, peribahasa dari kelompok orang bijak khususnya yang dikaruniai hikmat dan nasihat Ilahi mengenai masalah-masalah kehidupan praktis dan filosofis. Perumpamaan hikmat dari ayat ini khusus menekankan kata “hati” manusia. Begitu pentingnya kata “hati” sebab ia mencerminkan atau menggambarkan diri seseorang secara utuh. Hati bukanlah Liver ataupun jantung yang kita pahami secara medis, melainkan simbol yang menunjukkan spritualitas, emosi dan moral atau sering juga disebut pusat kecerdasan manusia. Hati dapat melihat ke dalam diri sendiri (introspeksi) dan juga refleksi diri sehingga orang lain dapat melihat diri kita (kesaksian).

Semua orang ingin memiliki hati yang gembira, tenang dan teguh di dalam kasih karunia Tuhan. Namun, keinginan dan hasrat untuk mendapat pujian atau kehormatan sering membuat kita tergoda dan jatuh. Menghalalkan cara yang tidak baik demi untuk mendapatkan yang terbaik, terbesar dan terhebat menjadi hal yang biasa. Di zaman now, maka kekayaan dan uang semakin berkuasa. Bahkan semua hal dan perkara dapat diraih, kenikmatan hidup termasuk pujian, penghargaan dan kehormatan dapat dibeli. Sehingga setiap orang sangat tergoda untuk memiliki uang, sebagaimana 2 Timotius 3:2 manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Inilah tantangan dan sekaligus ancaman terbesar bagi hati kita, sebab akar segala kejahatan adalah cinta uang. Jika hati kita cinta uang, maka kita akan terjebak dalam jejaring dosa sehingga hidup kita jauh dari Damai Sejahtera Tuhan. Hikmat Raja Salomo di Amsal 4:23, mengingatkan kita untuk menjaga hati karena dari sanalah terpancar kehidupan. Ingin hidup bersinar dan menjadi berkat, maka mari jaga dan pelihara hati kita. Tetap berdoa, setia baca Firman Tuhan, ucapan syukur serta berbuat kebaikan senantiasa. Tuhan memberkati dan menolong kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-356:1 Tinggallah Dalam Yesus
Tinggallah dalam Yesus, jadilah muridNya; B’lajarlah Firman Tuhan, taat kepadaNya. Tinggallah dalam Yesus, andalkan Kuasanya. Dialah pokok yang benar, kitalah rantingnya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s