PAULUS TELADAN ORANG BERTOBAT


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-458:1- Barita Na Umuli i
Barita na umuli i, na sian Tuhan Jesus. Sai ido margogoihon au, nang arsak pe hubolus. On mangapuli rohangki: Sai Tuhanki na basa i do donganki.

PEMBACAAN FIRMAN
Mzm. 65:10 – 11 (Pagi) Kel. 2:15b–19 (Malam)

RENUNGAN
Kisah Para Rasul 22: 16
Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!

PAULUS TELADAN ORANG BERTOBAT
Perikop ini merupakan kesaksian Paulus tentang panggilan pertobatannya (I Tim. 1:15-16; Kis. 9; 22; 26; Gal. 1, 2; Flp 3:1-14). Ada tiga fase pengalaman pertobatan Paulus yaitu; Allah menerima Paulus tanpa syarat, Allah mempercayai dan mendidik Paulus menjadi hamba-Nya. Paulus mentransformasi emosinya, memperbaharui pikiran jahat, dan panggilan Allah memampukan Paulus mewujudnyatakan kehendak Allah dalam hidupnya. Dalam mengikut Yesus Paulus mempercayai Yesus sebagai Juruselamat, menyangkal diri dan memikul salib. Banyak pengikut Kristus gagal, karena hanya percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat tetapi tidak mau menyangkal diri dan memikul salib, akibatnya gagal menaati Allah. Pertobatan Paulus membuat dirinya berubah 180 derajat nyata dari penyangkalan diri, dan kerelaannya memikul salib terbukti dalam setiap ucapan dan tindakan Paulus (Fil. 3:7).

Allah memanggil kita semua agar bertobat, meninggalkan kehidupan lama masuk kedalam panggilan pelayanan (Kis. 1:18). Sedikitnya ada 3 cara untuk meninggalkan masa lalu kita yaitu; Berdamai dengan masa lalu, menerima setiap pengalaman masa lalu sebagai bagian dari pengalaman hidup, dan mengampuni segala kesalahan orang lain. Jangan biarkan kepahitan, kekecewaan, amarah, dan kesedihan, memenjarakan hidupmu, ucapkan selamat tinggal pada masa lalu baik atau buruk, indah atau kelam, semuanya sudah berlalu, seperti Yusuf tidak terpenjara akan masa lalunya, jangan selalu mengingat masa lalu lihat lah kedepan. Tuhan mau kita bertobat dalam sukacita, bersyukurlah untuk hari ini, fokus menatap ke masa depan kepada Tuhan. Tanpa perjumpaan dan pengalaman pribadi dengan Tuhan, mustahil seseorang jadi murid Allah. Panggilan jadi murid Yesus identik dengan belajar agar semakin hari semakin sama dengan Kristus (Mat. 16:24).

BERDOA

BERNYANYI KJ-289:6 Tuhan, Pencipta Semesta
Tidak terbalas kurnia, ampunan dosa dunia dan pengharapan yang baka yang Kauberi

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s