BERGEMBIRA DALAM PENGHARAPAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE 213:1 Dung Sonang Rohangku
Dung sonang rohangku dibaen Jesus i, porsuk pe hutaon dison. Na pos do rohangku di Tuhanta i, dipasonang tongtong rohangkon

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh. 8:12-19 (Pagi) Maz. 143:1-8 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Kamis 26 April 2018
Yeremia 31:13a, b
Pada waktu itu anak-anak dara akan bersukaria menari beramai-ramai, orang-orang muda dan orang-orang tua akan bergembira. Aku akan mengubah perkabungan mereka menjadi kegirangan.

BERGEMBIRA DALAM PENGHARAPAN
Nas hari ini adalah bagian janji TUHAN kepada umat Israel bahwa Dia sendirilah yang akan memulihkan kembali hidup mereka dari pembuangan di Babel. Selama tujuh puluh tahun masa pembuangan di Babel, bangsa Israel mengalami penderitaan yang sangat berat. Bayangkan, bangsa yang kepadanya TUHAN telah menunjukkan kasih setia, penyertaan dan memberikan kemenangan, tetapi menjadi budak bagi bangsa yang tidak mengenal-Nya. Harga diri mereka sebagai bangsa hilang, demikian juga halnya dengan pengharapan mereka. Mungkin para pemimpin dan umat Israel yang terbuang sudah putus asa tentang negeri yang TUHAN janjikan kepada nenek moyang mereka. Namun itulah cara TUHAN untuk menghukum, mendidik dan menyadarkan umatnya Israel supaya kembali beribadah hanya kepada-Nya. Dalam masa pembuangan inilah firman TUHAN datang melalui nabi Yeremia: “Sesungguhnya waktunya akan datang bahwa TUHAN akan memulihkan dan mengembalikan mereka ke negeri yang telah Dia berikan kepada nenek moyang mereka untuk memilikinya. Harapan mereka tentang negeri yang Dia janjikan diteguhkan kembali.

Apa yang dapat kita pelajari dari nas hari ini? Hidup ini adalah sebuah perjalanan yang panjang, di mana susah dan senang silih berganti. Di dalam silih berganti inilah semestinya kita dapat lebih memahami dan menghargai hidup dengan sungguh-sungguh, menjadi tahu diri, taat dan beribadah hanya kepada TUHAN pencipta. Sesungguhnya, tidak banyak dan tidak berat yang TUHAN inginkan dari kita. Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu. Dia mau menolong dan tetap menantikan supaya kita taat, berserah dan beribadah hanya kepada-Nya. Maukah kita melakukannya? Amin.

BERDOA

BERNYANYI – KJ No. 427:1 ‘Ku Suka Menuturkan
‘Ku suka menuturkan cerita mulia, cerita Tuhan Yesus
dan cinta kasih-Nya. ‘Ku suka menuturkan cerita yang benar, penawar hati rindu, pelipur terbesar. ‘Kusuka menuturkan, ‘kusuka memasyurkan cerita Tuhan Yesus dan cinta kasih-Nya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-Amin-Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s