JADILAH GUNUNG BATU TEMPAT PERLINDUNGANKU


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE 487 :1, Tung Halak Na Margogo
Tung halak namargogo si partangiang i.
Dokdok pe sitaonnon dang olo talu i.
Pos situtu rohana di Debatana i,
Tuhanna manaluhon sude pangalo i

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh. 5:18-21 (Pagi) 2Sam.22:1-7+47(Malam)

RENUNGAN HARIAN, Kamis 22 Februari 2018
Mazmur 31:3
Sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan aku! Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!

JADILAH GUNUNG BATU TEMPAT PERLINDUNGANKU
Daud mengalami masa sulit dan tidak aman, karena musuh mengejar-ngejarnya. Dia hampir menyerah dan kehilangan semangat. Tuhan seolah-olah membiarkannya seorang diri menghadapi persoalannya tanpa ada dukungan dan pertolongan. Sepertinya doa yang diserukan siang malam sia-sia. Apa respon Daud atas itu semuanya? Dia tetap mengucap syukur, setia melayani Tuhan, percaya dan tetap berdoa. Tuhan adalah gunung batu tempatnya berlindung.

Setiap orang pernah mengalami masalah atau penderitaan yang beragam. Banyak cara dan sikap untuk menghadapinya, di antaranya: sebagian menjadi putus asa, mencari perlindungan kepada kekuatan dunia, dan tidak sabar akan pertolongan Tuhan sehingga jatuh ke dalam dosa. Tapi pengalaman Daud ini memberikan kita pilihan yang lain, yaitu untuk tetap beriman dan berdoa kepada Tuhan, yang menjadikan Tuhan sebagai gunung batu tempat perlindungan. Hidup beriman berarti hidup kita bukan ditentukan oleh musuh-musuh, bukan ditentukan oleh masalah, dan bukan ditentukan oleh penyakit. Kita harus meyakini bahwa hidup kita ada di dalam tangan Tuhan, hidup kita hanya ditentukan oleh Tuhan. Janganlah bersandar pada pikiran sendiri tapi jadikan Tuhan sebagai penolong, tempat perlindungan yang setia. Hidup berdoa berarti hidup yang tetap berdoa, walaupun itu tidak sesuai dengan permohonan kita, kita harus percaya bahwa di dalam Tuhan tersedia pertolongan-Nya. Jangan pernah berhenti untuk berdoa dan berharap kepada Tuhan, menjadikan hanya Tuhan pilihan hidup, gunung batu dan perisai. Terkadang jalan Tuhan tidak kita mengerti, tapi Daud megajak ita agar tetap percaya dan tetap berdoa. Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya dan Ia akan bertindak” (Maz 37:5). Amin.

BERDOA

BERNYANYI – KJ- 440 :1, Di Badai Topan Dunia
Di badai topan dunia. Tuhanlah perlindunganmu; Kendati goncang semesta. Tuhanlah perlindunganmu! Ya, Yesus gunung batu di dunia, di dunia, di dunia; Ya, Yesus gunung batu di dunia, tempat berlindung yang teguh.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s